Waskita Karya
Infrastruktur

Restrukturisasi Utang Waskita Karya Realty: Bunga Turun, Jatuh Tempo Mundur Setahun

  • Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya Realty (WKR) mendapatkan persetujuan restrukturisasi utang dari PT BPR Intidana Sukses Makmur (Intidana).

Infrastruktur

Ananda Astri Dianka

JAKARTA – Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) TbkPT Waskita Karya Realty (WKR) mendapatkan persetujuan restrukturisasi utang dari PT BPR Intidana Sukses Makmur (Intidana).

Berdasarkan perjanjian kredit yang diteken pada 28 Desember 2023, Intidana sebagai kreditur alias pemberi utang Waskita Realty bersedia menandatangani addendum perjanjian kredit. Intidana sepakat untuk menambahkan jangka waktu perjanjian kredit selama 12 bulan.

Selain itu, Intidana juga menurunkan suku bunga menjadi 15% dari sebelumnya 16%. “Dengan dilakukannya penandatanganan Adendum Perjanjian Kredit diharapkan akan memberikan dampak yang baik bagi kondisi keuangan WKR,” tulis Presiden Direktur Waskita Karya, Muhammad Hanugroho dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia Jumat, 29 Desember 2023.

Baca juga: Dikejar Utang Obligasi, Dua RUPO Waskita Karya Tak Penuhi Kuorum

Sebelumnya, WKR juga mengantongi restu untuk menunda pembayaran kupon dan perpanjangan jangka waktu pembayaran utang. Utang yang dimaksud adalah Medium Term Notes III Waskita Karya Realty Tahun 2022. 

Kedua bank yang menyetui Keputusan tersebut adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk dan Koperasi Simpan Pinjam Jasa. Ada tiga hal yang disepakati, pertama, menyetujui perpanjangan Jangka Waktu MTN III WKR 2022 semula tiga tahun sejak tanggal penerbitan menjadi tiga tahun sembilan bulan sejak tanggal penerbitan.

Kedua, menyetujui untuk penundaan pembayaran kupon MTN Tahap I s/d IV selama 1 periode kupon tiga  bulan. Ketiga, menyetujui perubahan terhadap Perjanjian Penerbitan MTN dan perubahan terhadap tabel lampiran pada Perjanjian Penerbitan MTN sehubungan dengan keputusan diatas.

“Dengan dilakukannya restrukturisasi atas MTN III WKR 2022 diharapkan akan memberikan dampak yang baik bagi kondisi keuangan WKR,” President Director, Muhammad Hanugroho dalam keterbukaan informasi, Rabu 20 Desember 2023.