Bobby Nasution
Olahraga

Revitalisasi Stadion Teladan Medan Telan Duit Setengah Triliun

  • Pembenahan stadion yang dibangun sejak tahun 1952 itu bakal menelan dana hingga Rp560 miliar.

Olahraga

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Pemkot Medan mengebut revitalisasi Stadion Teladan pada tahun ini. Proyek tersebut kini memasuki tahap finalisasi detail engineering design (DED). Pembenahan stadion yang dibangun sejak tahun 1952 itu bakal menelan dana hingga Rp560 miliar. Revitalisasi Stadion Teladan beriringan dengan renovasi Stadion Kebun Bunga. 

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis, membeberkan proyek Stadion Teladan segera dikerjakan. “Sudah tahap finalisasi DED. Kami akan memberi asistensi pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk melengkapi DED yang telah disiapkan,” ujarnya dikutip dari laman Pemkot Medan, Kamis 20 Juli 2023.  

Endar menjelaskan revitalisasi tidak hanya melibatkan stadion, tapi kawasan di sekitarnya. Oleh karena itu, butuh anggaran mencapai Rp560 miliar untuk membenahi salah satu stadion tua di Tanah Air tersebut. Endar mengatakan pemerintah pusat kemungkinan bakal memberi anggaran Rp300 miliar. “Sisanya akan diselesaikann APBD Kota Medan,” ujar Endar. 

Lantaran stadion tua dan berpotensi ditetapkan sebagai cagar budaya, Pemkot bakal melibatkan ahli cagar budaya dalam proyek Stadion Teladan. Hal itu untuk memastikan nilai kesejarahan stadion yang pernah menjadi tuan rumah PON III tahun 1953 tidak hilang.  “Contohnya menara yang ada di Stadion Teladan akan tetap dipertahankan, begitu pula bagian depan bangunan lama," jelas Endar.

Penambahan Kapasitas

Sejumlah bagian yang dirombak adalah stadion bagian dalam. Perombakan dilakukan menggunakan desain modern yang dikombinasikan dengan bangunan lama. Lebih lanjut, perencanaan revitalisasi Stadion Teladan akan memenuhi standar FIFA dan AFC. Sehingga, Stadion Teladan nantinya dapat menggelar pertandingan sesuai standar FIFA.

Standar FIFA salah satunya yang mengharuskan stadion memiliki kapasitas penonton lebih dari 30.000 orang. Saat ini Stadion Teladan hanya memiliki kapasitas 20.000 penonton.  “Insya Allah, semuanya memenuhi standar. Untuk jalur evakuasi, penonton dapat keluar dari stadion dalam waktu 15 menit karena terdapat banyak pintu keluar,” terangnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Medan, Pulungan Harahap, menjelaskan revitalisasi dilakukan karena Stadion Teladan sudah tertinggal jauh dibandingkan dengan stadion lain di Indonesia. "Revitalisasi juga bertujuan mendukung peningkatan para atlet dan mewujudkan Medan sebagai Kota Atlet,” ungkap Pulungan.