Dunia

Revolusi Pendidikan, OpenAI Kolaborasi dengan Arizona State University

  • Arizona State Univeristy akan menggunakan platform ini dalam pengajaran, penelitian, dan administrasi. Mereka juga berencana membuat tutor AI khusus untuk membantu mahasiswa dalam kursus, studi, dan menulis.
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - OpenAI dan Arizona State University telah menjalin kerjasama untuk membawa ChatGPT ke dalam lingkungan universitas.  Hal ini menjadikan Arizona State University menjadi universitas pertama yang secara resmi menjalin kerjasama dengan laboratorium penelitan kecerdasan buatan untuk chatbot AI mereka.

Arizona State Univeristy akan menggunakan platform ini dalam pengajaran, penelitian, dan administrasi. Mereka juga berencana membuat tutor AI khusus untuk membantu mahasiswa dalam kursus, studi, dan menulis.

Dalam pernyataan resmi bersama, Arizona State University dan OpenAI menegaskan bahwa data yang dikontribusikan oleh komunitas universitas akan dijaga kerahasiaannya dan tidak akan digunakan untuk melatih model OpenAI. 

Kemitraan ini membuka kesempatan bagi dosen dan staf untuk memberikan ide pada bulan Februari tentang cara terbaik menggunakan teknologi ini.

Chief Information Officer Arizona State University, Lev Gonick, menyatakan bahwa tujuan kerja sama ini adalah menggunakan pengetahuan universitas untuk mengembangkan proyek berbasis AI yang dapat merevolusi pendidikan, mendukung penelitian ilmiah, dan meningkatkan efisiensi administratif.

Kolaborasi ini terjadi ketika kekhawatiran privasi dan keamanan tentang OpenAI masih ada. Pekan lalu, investigasi dari Fortune mengungkap bahwa perusahaan tersebut bersama dengan Meta ditemukan berpotensi mengaktifkan ekonomi AI tanpa sensor di mana konten eksplisit dapat berkembang, termasuk di kalangan anak-anak.

Meskipun demikian, COO OpenAI, Brad Lightcap, menyatakan bahwa pembelajaran adalah inti dari kesuksesan ChatGPT, dan Arizona State University terus memimpin dalam inovasi dengan mengintegrasikan ChatGPT ke dalam program pendidikan mereka.