Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan dan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM SPSI) menggelar aksi unjuk rasa nasional di depan Gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta Selatan, Selasa, 10 Oktober 2024. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Ribuan Buruh Pabrik, Rokok, Makanan dan Minuman Gelar Aksi di Depan Gedung Kemenkes

  • Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 beserta aturan turunannya, yang dinilai dapat mengancam keberlangsungan industri rokok, makanan, dan minuman.

Foto

Panji Asmoro

Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan dan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM SPSI) menggelar aksi unjuk rasa nasional di depan Gedung Adhyatama, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 beserta aturan turunannya, yang dinilai dapat mengancam keberlangsungan industri rokok, makanan, dan minuman.

Peserta aksi yang hadir selain dari Jakarta, juga dari berbagai daerah di Indonesia seperti Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatra, dan Kalimantan dan lainya. Kehadiran mereka dengan membawa spanduk dan bendera dari berbagai daerah menunjukkan kesatuan perjuangan untuk mempertahankan kelangsungan hidup pekerja di tengah kebijakan pemerintah yang dianggap belum adil. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia