Karyawan berkatifitas di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, 8 September 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Korporasi

Rilis Masker Fashion Berkarakter, Pendapatan Multi Medika (MMIX) Diprediksi Tumbuh 30 Persen

  • Emiten distributor produk kesehatan PT Multi Medika Internasional Tbk (MMIX) akan meluncurkan masker fashion edisi khusus dengan lisensi intellectual property (IP) dari salah satu brand ternama asal Korea Selatan.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten distributor produk kesehatan PT Multi Medika Internasional Tbk (MMIX) akan meluncurkan masker fashion edisi khusus dengan lisensi intellectual property (IP) dari salah satu brand ternama asal Korea Selatan.

Pemasaran produk dengan lisensi IP ini diprediksi dapat mendongkrak penjualan perseroan sebesar 30% selama tahun 2023. Pada tahun 2021, penjualan perseroan tercatat sebanyak Rp180 miliar. Sedangkan pada tahun lalu diperkirakan tumbuh sekitar 10-15%.

Menurut sumber yang dekat dengan MMIX, potensi pasar masker fashion masih sangat menjanjikan bagi sisi keuangan perseroan. Itu sebabnya, perseroan berencana meningkatkan produksi maupun penjualan. 

Rencana perluasan pasar ini juga masih selaras dengan rencana pemanfaatan dana hasil emisi penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) MMIX beberapa waktu belakangan.

“Kalau kita cermati dari prospektus saat IPO, emiten ini merencanakan sekitar 65 persen dana IPO untuk modal kerja. Termasuk dalam pengembangan bisnis adalah pembelian barang dagangan dan perluasan pusat distribusi untuk produk-produk perseroan,” ujar sumber tersebut. 

Sejak Desember 2022, MMIX sebagai pemegang house brand Indomaret maupun Alfamart, sudah mulai memasakan masker edisi khusus dengan pemegang lisensi IP. Selain masker, MMIX juga meluncurkan aromatheraphy patch, sticker dengan wangi aromaterapi dari minyak kayu putih, citrus, dan juga menthol.

Pada perdagangan Selasa, 17 Januari 2023 pukul 13.30 WIB, saham MMIX terungkit 0,56% pada level harga Rp360 per lembar. Bahkan pada pembukaan perdagangan pagi tadi, saham MMIX sempat melejit hingga level Rp388 per lembar.

Tren positif memang masih ditunjukkan saham emiten produk kesehatan ini. Dalam sebulan perdagangan, saham MMIX telah melonjak 21,62%. Adapun kapitalisasi pasar perseroan tercatat sebesar Rp864 miliar.