<p>Ilustrasi Ekonomi Digital</p>
Industri

Riset Google, Temasek, dan Bain and Company Ungkap Ekonomi Digital Indonesia Bakal Tembus Rp642 Triliun di 2020

  • Sektor dagang elektronik tumbuh 54% menjadi US$32 miliar atau sekitar Rp454,2 triliun dibandingkan dengan tahun lalu senilai US$21 miliar atau Rp298 triliun pada tahun lalu.

Industri
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Laporan e-Conomy SEA 2020 dari Google, Temasek, dan Bain & Company mengungkapkan ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai US$44 miliar, setara Rp624,6 (asumsi kurs Rp14.195 per dollar Amerika Serikat).

Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf mengatakan sektor perdagangan elektronik tumbuh 54% menjadi US$32 miliar atau sekitar Rp454,2 triliun dibandingkan dengan tahun lalu senilai US$21 miliar atau Rp298 triliun pada tahun lalu.

Ia menyatakan bahwa kenaikan tersebut didorong oleh aktivitas masyarakat yang beralih berjualan online, terutama akibat adanya pandemi COVID-19. Dengan adanya peralihan perilaku tersebut, pertumbuhan supplier lokal bertumbuh hingga 5 kali lipat.

Hal ini juga didorong oleh program 13% usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Go Online yang dicanangkan pemerintah.

“Laporan tahun ini menunjukkan e-commerce mengalami kenaikan pendapatan yang pesat,” ujarnya dalam webinar laporan e-Conomy SEA dari Google, Temasek, dan Bain & Company, Selasa 24 November 2020.

Nilai ekonomi berbasis internet di Asia Tenggara juga diprediksi masih akan bertumbuh. Nilainya diperkirakan mencapai US$105 miliar atau setara dengan Rp 1.490 triliun di tahun ini.

Di Indonesia sendiri, 37% konsumen baru yang memanfaatkan digital akibat pagebluk. Sedangkan sekitar 56% konsumen digital baru berasal dari daerah-daerah dan lebih dari 90% mengaku akan terus menggunakan layanan digital pascapandemi.

“Sementara waktu online rata-rata per hari selama pandemi untuk tujuan pribadi tercatat meningkat dari 3,6 jam sebelum pandemi, menjadi 4,7 jam selama PSBB, dan kemudian 4,3 jam setelah PSBB,” tutup Randy.