kredivo-paylater.jpg
Fintech

Riset Kredivo: Paylater Mulai Lebih Diminati oleh Pengguna dengan Usia yang Lebih Tua

  • Hingga September 2024, pengguna dalam kelompok usia di atas 36 tahun mencatatkan pertumbuhan sebesar 39% year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama pada 2023.

Fintech

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA - Berdasarkan data internal Kredivo, layanan Paylater masih didominasi oleh generasi milenial, namun ada pertumbuhan signifikan pada pengguna berusia lebih tua, yaitu di atas 36 tahun. 

Hingga September 2024, pengguna dalam kelompok usia ini mencatatkan pertumbuhan sebesar 39% year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama pada 2023.

Menurut Indina Andamari, SVP Marketing dan Communications Kredivo, sejak didirikan pada 2016, Kredivo berfokus untuk menjembatani kesenjangan akses kredit, terutama bagi masyarakat underbanked di Indonesia. 

Dalam delapan tahun perjalanannya, Kredivo tetap konsisten memperluas akses kredit, yang kini tidak lagi terbatas pada generasi muda di kota besar, tetapi juga mencakup berbagai kalangan masyarakat di berbagai wilayah.

“Paylater bukan lagi hanya untuk generasi muda di kota-kota besar, namun juga sudah menjangkau berbagai lapisan masyarakat di berbagai daerah,” jelas Indina melalui keterangan tertulis yang diterima TrenAsia, Kamis, 10 Oktober 2024.  

Dia menambahkan  melalui inovasi yang terus dilakukan, mereka berharap dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan. Khususnya melalui akses kredit yang mudah, aman, dan terjangkau.

Dominasinya Paylater di Kota-Kota Tier 2 dan 3

Dalam Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024, tercatat bahwa penggunaan Paylater di merchant offline didominasi oleh kota-kota tier 2 dan 3, yang menyumbang 53,1% dari total transaksi selama tahun 2023. 

Hal ini menandakan bahwa layanan Paylater semakin inklusif, tidak hanya digunakan di kota-kota besar, namun juga menjangkau daerah-daerah yang selama ini kurang terlayani oleh layanan keuangan tradisional.

Baca Juga: Tipe Orang yang Tidak Cocok Menggunakan Paylater

Peningkatan Pengguna Usia 36 Tahun ke Atas

Selain cakupan wilayah, inklusivitas Paylater juga terlihat dari meningkatnya pengguna usia 36 tahun ke atas dalam tiga tahun terakhir. 

Pada 2021, proporsi pengguna dalam kelompok usia ini tercatat 24,3%, lalu meningkat menjadi 27,8% pada 2022, dan mencapai 29,6% pada 2023. Peningkatan ini menunjukkan bahwa masyarakat usia lebih tua semakin percaya pada solusi keuangan digital seperti Kredivo.

Akses Kredit Pertama untuk Mayoritas Pengguna

Lebih dari itu, Kredivo juga menjadi solusi bagi masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki akses kredit. Hampir 70% pengguna Kredivo adalah mereka yang mendapatkan akses kredit pertama kali melalui platform ini. 

Kelompok ini didominasi oleh perempuan, generasi milenial, dan kelompok ekonomi sosial (SES) C di Indonesia, dengan angka yang meningkat dari 63,9% pada tahun sebelumnya.

Di Indonesia, penetrasi kartu kredit masih tergolong rendah, hanya sekitar 5%, jauh tertinggal dibandingkan dengan Thailand yang mencapai 35% dan Malaysia yang mencapai 30%. 

Layanan Paylater menjadi alternatif yang lebih mudah dan dapat diakses oleh masyarakat yang lebih luas, termasuk di wilayah-wilayah dengan penetrasi layanan keuangan rendah.