Kawasan il Lago Grande, Kota Gading Serpong.
Properti

Riset: Ruko Aktif Naik hingga 40,91 Persen di Gading Serpong

  • Salah satu faktor yang memantik kenaikan permintaan adalah pesatnya pertumbuhan Kota Gading Serpong, khususnya dalam dua dekade terakhir. Kota ini tercatat telah memiliki 120 ribu penghuni, dengan lebih dari 40 klaster terhuni dan pusat kuliner viral yang terus bermunculan setiap harinya.
Properti
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Ruko atau produk komersial menjadi produk properti dengan permintaan tertinggi pada tahun 2023 di Kota Gading Serpong. Sejak awal tahun hingga September 2023, ada peningkatan ruko aktif hingga 40,91%. 

Lebih dari 300 bisnis juga melakukan soft launching maupun grand opening di Gading Serpong sepanjang Agustus sampai Oktober 2023. Tren tersebut mengemuka dalam riset menyeluruh Paramount Land melewati kuartal ketiga 2023. 

Salah satu faktor yang memantik kenaikan permintaan adalah pesatnya pertumbuhan Kota Gading Serpong, khususnya dalam dua dekade terakhir. Kota ini tercatat telah memiliki 120 ribu penghuni, dengan lebih dari 40 klaster terhuni dan pusat kuliner viral yang terus bermunculan setiap harinya.

Demand tersebut diprediksi masih akan tinggi karena jumlah produk komersial di Gading Serpong saat ini belum mencukupi kebutuhan masyarakat Gading Serpong hingga komuter dari Jabodetabek. Presiden Direktur Paramount Land M Nawawi mengatakan selama lebih dari dua dekade Gading Serpong telah bertumbuh menjadi kota mandiri.

“Saat ini Gading Serpong telah menjadi kota mandiri yang dapat menghidupi 120 ribu penghuninya, serta menjadi destinasi favorit bagi masyarakat Tangerang Raya dan Jabodetabek,” ujar Nawawi dalam keterangannya, dikutip Rabu, 6 Desember 2023. 

Dari segi bisnis dan investasi properti, imbuhnya, Gading Serpong juga telah menghadirkan beragam kisah sukses dalam menghasilkan capital gain dan return on investment (ROI) yang tinggi. “Baik dari hasil sewa, penjualan, ataupun keduanya,” ujar Nawawi.

Potensi tersebut telah menarik banyak investor cerdik untuk berinvestasi ataupun membuka bisnis di Gading Serpong. Kota ini pun semakin ramai dan populer sebagai destinasi kuliner dan bisnis. Paramount Land sendiri menjadi perusahaan properti yang turut mengembangkan Kota Serpong. 

“Paramount Land sebagai salah satu pengembang utama Kota Gading Serpong, menjawab kebutuhan dan demand masyarakat akan produk properti komersial dengan menghadirkan beragam produk komersial dengan value tinggi,” ujarnya. 

Jelang akhir tahun 2023, Paramount Land meluncurkan iL Lago Grande, ruko komersial eksklusif yang berlokasi di kawasan iL Lago, Gading Serpong. Peluncuran ruko ini strategis untuk mengisi permintaan akan produk properti yang masih tinggi di kawasan tersebut.

Fasad Art Deco

Nawawi mengatakan iL Lago Grande, yang berlokasi di kawasan premium iL Lago Gading Serpong,memiliki suasana yang asri dan sejuk serta dikelilingi klaster hunian premium. Itu mulai dari Menteng Village, Menaggio Village, San Lorenzo, hingga Fiordini Village. 

“Area ini juga dikelilingi beragam fasilitas kota yang berperan sebagai crowd puller, seperti Bethsaida Hospital, Fame Hotel Gading Serpong, Bez Plaza, UMN, dan hanya selangkah menuju pusat kuliner Pisa Grande, Seafood Market, dan Gtown Square.”

Memiliki konsep fasad Modern Art Deco, iL Lago Grande hadir dengan warna fasad cokelat muda, abu-abu, dan aksen emas yang dihiasi permainan garis geometris. Ruko komersial ini terdiri dari tipe Alfresco ukuran L4,5 x 15 (muka jalan) dan 5,5 x 15 (sudut), serta tipe Regular L4,5 x 10 dan L6 x 10 (sudut).

Setiap unit dilengkapi AC di setiap lantai, CCTV, serta fasilitas area parkir yang luas. Pada tahap kedua akan hadir pula tipe Studio Loft untuk menunjang kebutuhan bisnis yang lebih besar. 

Direktur Planning & Design iL Lago Grande Henry Napitupulu mengatakan iL Lago Grande ditawarkan terbatas sebanyak 52 unit dan harga mulai dari Rp2 miliar. “Menyambut akhir tahun, kami menghadirkan promo harga spesial selama masa launching pada 27 November hingga 15 Desember 2023, serta free IPKL selama 12 bulan,” ujar Henry.