Presiden Joko Widodo meninjau lokasi ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.
Nasional

Ritual Kendi Nusantara, Presiden dan Gubernur Se-Indonesia Camping di IKN Hari Ini

  • Presiden Jokowi akan melakukan acara kemah bersama di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) yakni Nusantara pada Senin, 14 Maret 2022. Kegiatan itu merupakan bagian dari agenda pelaksanaan ritual “Kendi Nusantara” yang rencananya akan dilakukan bersama dengan Gubernur se-Indonesia.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan acara kemah bersama di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) yakni Nusantara pada hari ini Senin, 14 Maret 2022. Kegiatan itu merupakan bagian dari agenda pelaksanaan ritual “Kendi Nusantara” yang rencananya akan dilakukan bersama dengan gubernur se-Indonesia.

Dalam ritual Kendi Nusantara, para Gubernur se-Indonesia itu nantinya akan berkumpul di IKN Kalimantan Timur (Kaltim) dengan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah di seluruh Indonesia sesuai dengan permintaan dari Presiden.

Seluruh air dan tanah yang datang dari masing-masing daerah itu nantinya akan dimasukan ke dalam satu wadah khusus berupa kendi yang disebut sebagai Kendi Nusantara. 

Agenda itu telah dikonfirmasi oleh Juru Bicara Gubernur Kaltim HM Syafranuddin. Dirinya menyebut bahwa air dan tanah dari masing-masing daerah di seluruh Indonesia itu selanjutnya akan disimpan di titik nol IKN Nusantara pada prosesi ritual Kendi Nusantara yang dilakukan.

Namun, dari seluruh Gubernur yang direncanakan akan mengikuti proses ritual Kendi Nusantara, hanya ada lima Gubernur yang  terkonfirmasi akan ikut turut berkemah dan menginap bersama Presiden di titik nol IKN Nusantara tersebut.

Mereka adalah Gubernur Kaltim, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

Sementara itu, Syafranuddin menjelaskan bahwa Presiden Jokowi dijadwalkan akan tiba di Kota Balikpapan satu hari sebelum kegiatan ritual Kendi Nusantara itu dilakukan, atau pada Minggu, 13 Maret 2022.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.