<p>Sumber:sainsmart.com</p>

Robot Ini Bisa Dikendalikan dengan Gelombang Suara

  • ZURICH  – Robot yang membantu di tempat umum biasanya membutuhkan sentuhan ringan untuk menjalankannya. Namun, kali ini para peneliti di Swiss telah menciptakan Robot Gripper berteknologi ultrasonik yang dapat menangguhkan objek di udara. Dilansir dari Tech Crunch (23/1), robot tersebut bekerja melalui speaker kecil yang memancarkan suara pada frekuensi dan volume tertentu. Hal ini akan […]

Ananda Astri Dianka

ZURICH  – Robot yang membantu di tempat umum biasanya membutuhkan sentuhan ringan untuk menjalankannya. Namun, kali ini para peneliti di Swiss telah menciptakan Robot Gripper berteknologi ultrasonik yang dapat menangguhkan objek di udara.

Dilansir dari Tech Crunch (23/1), robot tersebut bekerja melalui speaker kecil yang memancarkan suara pada frekuensi dan volume tertentu. Hal ini akan menghasilkan semacam tekanan gelombang yang dapat menahan objek ke atas. Bahkan, sesuatu bisa tetap berada di tempatnya meski tekanan datang dari berbagai arah.

Teknologi yang dikenal dengan istilah “pengangkatan akustik” ini bukan hal yang baru, tetapi sejauh ini belum ada aplikasi praktis yang dikembangkan. Oleh karena itu, Marcel Schuck beserta tim di ETH Zurich, menunjukkan bahwa perangkat portabel semacam itu dapat dengan mudah menemukan akses terhadap benda-benda kecil dan ringan.

Robot ini nantinya dapat dipindahkan dengan cara memutar atau membalik sesuai permintaan pengguna. Namun, permasalahannya terletak pada kombinasi frekuensi dan amplitude yang belum jelas sehingga objek baru yang dikonfigurasikan pun belum matang.

Setelah prototype robot lengkap, Shuck berencana untuk menyurvei berbagai industri untuk melihat minat mereka.