<p>Robot buatan Promobot/Sputnik</p>

Robot Rusia Bergabung dengan Kepolisian Abu Dhabi

  • MOSKOW- Sebuah robot buatan Rusia telah diterima di jajaran kepolisian Abu Dhabi, Uni Emirat Arab untuk melakukan patroli dan pengawasan video bagi pegawai dan pengunjung serta untuk memeriksa suhu tubuh orang. Promobot, perusahaan pembuat robot Rusia mengatakan Abu Dhabi bukan tempat pertama robotnya diterima di kepolisian. “Ini bukan pengalaman pertama bagi kami. Robot kami sudah […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

MOSKOW- Sebuah robot buatan Rusia telah diterima di jajaran kepolisian Abu Dhabi, Uni Emirat Arab untuk melakukan patroli dan pengawasan video bagi pegawai dan pengunjung serta untuk memeriksa suhu tubuh orang.

Promobot, perusahaan pembuat robot Rusia mengatakan Abu Dhabi bukan tempat pertama robotnya diterima di kepolisian.

“Ini bukan pengalaman pertama bagi kami. Robot kami sudah bekerja di kepolisian Kazakhstan, pusat layanan negara bagian dan kota Rusia, kantor operator seluler di Turki, Bank Nasional Oman, tempat mereka melakukan tugas serupa. Dalam posisi ini, robot meniadakan apa yang disebut ‘kesalahan manusia karena  tidak lelah, tidak pernah kasar kepada pengunjung, tidak pernah terlambat untuk bekerja dan yang paling penting, tidak pernah membuat kesalahan,” kata pendiri dan direktur pengembangan Promobot, Oleg Kivokurtsev sebagaimana dilansir Sputnik Selasa 8 Juni 2020.

Robot ini mampu berbicara dalam bahasa Inggris dan Arab karena memiliki database linguistik yang berisi beberapa ribu pertanyaan dan jawaban, serta sistem pengenalan wajah. Robot Promobot akan mengenal semua pegawai polisi, pengunjung, dan penjahat yang dicari.

Promobot didirikan pada 2015 dan telah menjadi produsen robot layanan otonom terbesar, yang mampu melakukan berbagai tugas untuk manusia, di Rusia, serta Eropa Utara dan Timur. Semua produk perusahaan dibuat dan dikembangkan di Rusia.