<p>ilustrasi/East Coast Daily</p>
Industri

Rogoh Kocek US$1,1 Miliar, Uber Akuisisi Layanan Pengiriman Alkohol Drizly

  • SAN FRANCISCO & BOSTON – Uber Technologies Inc akan membeli platform minuman beralkohol on-demand Drizly sekitar $1,1 miliar. Akuisisi dilakukan untuk memperkuat layanan pengiriman yang telah berkembang selama pandemi. “Ke mana pun Anda ingin pergi dan apapun yang Anda butuhkan, tujuan kami di Uber adalah membuat hidup orang sedikit lebih mudah. Itulah mengapat kami memperluas […]

Industri
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

SAN FRANCISCO & BOSTON – Uber Technologies Inc akan membeli platform minuman beralkohol on-demand Drizly sekitar $1,1 miliar.

Akuisisi dilakukan untuk memperkuat layanan pengiriman yang telah berkembang selama pandemi.

“Ke mana pun Anda ingin pergi dan apapun yang Anda butuhkan, tujuan kami di Uber adalah membuat hidup orang sedikit lebih mudah. Itulah mengapat kami memperluas cabang ke kategori baru seperti bahan makanan, resep, dan sekarang alkohol,” kata CEO Uber, Dara Khosrowshahi, dalam situs web Uber, Selasa (2/2/2021).

Dilansir dari Reuters, lebih dari 90% kesepakatan itu akan dilakukan melalui saham Uber dan sisanya dibayarkan secara tunai kepada pemegang saham Drizly.

Langkah-langkah penguncian akibat pandemi Covid-19 memberikan pukulan bagi layanan tumpangan Uber sehingga mendorong perusahaan mengembangkan kategori baru layanan pengiriman.

Untuk pertama kalinya, pada kuartal II-2020, pendapatan dari bisnis pengiriman makanan Uber, Eats, melampaui pendapatan tumpangan.

Uber menolak memberikan rincian tentang permintaan apa yang diproyeksikannya dari penjualan alkohol. Namun, menurut Uber, Drizly telah meningkatkan pemesanan kotor 300% setiap tahun.

Drizly akan menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Uber. Ia akan diintegrasikan ke dalam platform Eats, sambil juga mempertahankan aplikasinya yang terpisah. Drizly bekerja dengan mitra ritel di lebih dari 1.400 kota di Amerika Utara.

Pada Mei 2020 Drizly meluncurkan Lantern, layanan pengiriman ganja yang saat ini beroperasi di Boston dan Detroit. Uber mengatakan bahwa Lantern bukan bagian dari kesepakatan Drizly.

Khosrowshahi mengatakan perusahaan saat ini tidak tertarik secara aktif dalam pengiriman ganja, tetapi mungkin akan lebih terbuka. Lantern menjual produk ganja, termasuk tanaman untuk merokok, produk vaping ganja dan makanan yang dapat dimakan.