Pertamina
BUMN

Rosan Roeslani Resmi jadi Wakil Komisaris Utama Pertamina

  • Mulai 25 Juli 2023, Rosan P. Roeslani resmi ditunjuk sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menunjuk Rosan P. Roeslani sebagai Wakil Komisaris Utama per 25 Juli 2023. 

Keputusan tersebut tercantum dalam Salinan Keputusan Menteri BUMN dalam RUPS PT Pertamina Nomor SK-211/MBU/07/2023. 

Selain itu, Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPS) juga menetapkan pemberhentian dengan hormat Pahala Nugraha Mansury dari jabatan Wakil Komisaris Utama Pertamina yang sebelumnya menjabat sejak 3 Februari 2021. Pemberhentian tersebut dikarenakan penunjukannya sebagai Wakil Menteri Luar Negeri RI.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), menyatakan bahwa perubahan Dewan Komisaris dilakukan melalui RUPS sesuai wewenang pemegang saham.

"Dengan susunan Dewan Komisaris baru ini, Pertamina siap memenuhi harapan pemegang saham,” ujar Fadjar dikutip Jumat, 28 Juli 2023.

Fadjar juga mengucapkan selamat kepada Wakil Komisaris Utama yang baru, Rosan Roeslani, dan berterima kasih pada Pahala Mansury atas segala pengabdiannya selama dua tahun kepada Pertamina.

Melansir Antara, Rosan Roeslani merupakan pemain lama yang sudah dikenal kemampuannya. Rosan pernah menjabat sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat yang dilantik pada 25 Oktober 2021. 

Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) periode 2015-2021.Selama menjabat sebagai Ketua KADIN, Rosan mendapatkan gelar kehormatan "The Order of Leopold of Belgium" dari pemerintah Belgia sebagai pengakuan atas inovasi dan kontribusinya dalam memajukan hubungan perdagangan dan industri antara Indonesia dan Belgia.