Bali International Hospital
BUMN

RS BUMN Optimalkan Layanan Kanker dengan PET Scan di Bali

  • "IHC melalui BIH akan mengupayakan kerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk pemanfaatan layanan PET Scan bagi pasien kanker,” sebut Mira.

BUMN

Bintang Surya Laksana

DENPASAR - Rumah Sakit (RS) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui sub holdingnya, PT Pertamina Bina Medika atau Indonesia Healthcare Corporation (IHC) hadirkan Positron Emission Tomography (PET) Scan di Bali International Hospital (BIH).

Melansir situs resmi National Health Service UK, PET Scan memiliki kegunaan untuk menyelidiki kasus  kanker yang terkonfirmasi guna menentukan sejauh mana kanker telah menyebar dan seberapa baik responnya terhadap pengobatan. 

Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC, drg. Mira Dyah Wahyuni, MARS., menyebutkan kasus kanker yang banyak terjadi bisa dilakukan pencegahan untuk tidak menjadi stadium yang lebih lanjut dengan deteksi dini serta ketepatan diagnosa kanker. Mira menyebutkan, salah satu cara untuk melakukan hal tersebut ialah dengan PET Scan seperti dilansir dari Antara.

Pengadaan PET Scan ini merupakan wujud komitmen IHC dalam memberikan akses kesehatan yang inklusif serta berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat, sehingga mampu mendapatkan pelayanan onkologi terpadu. Dengan layanan tersebut, diharapkan nantinya dapat mendeteksi sedini mungkin dan meminimalisasi angka kesakitan dan kematian akibat kanker.

Mira menyebutkan, di Indonesia sendiri alat PET Scan masih terbatas sehingga masyarakat masih mengalami kesulitan memperoleh pelayanan yang cepat dan tepat untuk penyakit kanker.

“Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan alat canggih ini, IHC melalui BIH akan mengupayakan kerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk pemanfaatan layanan PET Scan bagi pasien kanker,” sebut Mira.

Mira berharap, dengan adanya fasilitas canggih dan didukung tim medis yang berpengalaman, nantinya BIH akan bisa menjadi pusat pelayanan kesehatan yang unggul serta memberi pelayanan terbaik bagi pasien dengan berbagai latar belakang. 

“Dengan menyediakan layanan PET Scan, kami berharap dapat memberikan akses kesehatan yang merata,” tutup Mira.