Tekno

Ruang Sepanjang 9 Meter Ditemukan Tersembunyi di Bagian Atas Great Pyramid of Giza

  • Meski para ilmuwan telah menebak selama bertahun-tahun bahwa ada sesuatu yang tersembunyi di atas pintu masuk Great Pyramid, kini mereka akhirnya dapat menemukan dan mengungkapnya.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

KAIRO-Meski para ilmuwan telah menebak selama bertahun-tahun bahwa ada sesuatu yang tersembunyi di atas pintu masuk Great Pyramid, kini mereka akhirnya dapat menemukan dan mengungkapnya.

Live Science Kamis 2 Maret 2023 melaporkan bahwa penemuan ini dibuat berkat foto kosmik dan sinar endoskop. Tim arkeologi di balik penemuan itu menerbitkan temuan mereka di jurnal Nature Communications.

Great Pyramid of Giza dibangun di bawah perintah Firaun Kufu. Struktur setinggi 149 meter ini adalah satu-satunya keajaiban dunia kuno yang bertahan. Piramida ini juga merupakan bangunan tertinggi di bumi hingga tahun 1311. Katedral Lincoln di Inggris kemudian mencatat rekornya sebagai menara setinggi 160 meter.

Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa tepat di atas pintu masuk piramida ini  terdapat ruang tersembunyi yang membentang sejauh 30 kaki atau sekitar 9 meter. Tinggi dan lebarnya sekitar 2 meter. Koridor ini terletak di belakang struktur yang berbentuk chevron dan dapat dilihat dari luar piramida.

Ruang yang ditemukan

Menurut CBS News, penemuan ruang besar dan misterius dan kosong di dalam Great Pyramid of Giza  pertama kali diumumkan pada tahun 2017. Namun misteri tersebut membuat para ahli Mesir bertanya-tanya ruang apa itu.

Untuk menggali lebih dalam para spesialis menggunakan metode canggih yang mengambil radiasi kosmik yang melewati piramida.  Melalui  cara ini, mereka menemukan dimensi ruang dan menangkap gambar ruang yang jelas.

Namun, ini bukanlah akhir dari misteri kehampaan. Nyatanya penemuan baru-baru ini menyisakan ruang luas untuk spekulasi.

Para ilmuwan menempatkan endoskop di dalam koridor untuk memeriksa interiornya. Namun mereka belum menemukan artefak apa pun di dalamnya. 

Sébastien Procureur, yang merupakan penulis pertama studi dan fisikawan CEA (French Alternative Energies and Atomic Energy Commission) menyebutkan bahwa bidikan pertama yang dihasilkan melalui endoskop tampaknya tidak mengungkapkan apa pun. Namun, mereka belum melihat seluruh ruang dengan tepat.

Procureur juga tidak setuju dengan klaim di media bahwa mereka dekat dengan kamar Khufu. Tim tidak menemukan bukti adanya makam tersembunyi.

Zahia Hawass mantan menteri barang antik di Mesir dikutip media Mesir Ahram Online mengatakan koridor tersebut mungkin untuk membantu mengurangi tekanan dari berat bahan bangunan. Dia menyebutkan koridor itu terletak di belakang struktur yang berbentuk chevron dan mendistribusikan beban.