Tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa. Jalan  tol ini membentang antara Pelabuhan Merak, Cilegon, di Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur. Total panjang Tol Trans Jawa mencapai 1.240,84 kilometer (Km).
Nasional

Ruas 2B Danowudu-Bitung Rampung, Jalan Tol Manado-Bitung Siap Beroperasi Penuh

  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) telah menyelesaikan pembangunan tahap akhir pembangunan seksi 2B Danowudu-Bitung sehingga Tol Manado-Bitung sudah siap beroperasi penuh.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Manado Bitung (JMB)  telah menyelesaikan pembangunan tahap akhir pembangunan seksi 2B Danowudu-Bitung sehingga Tol Manado-Bitung sudah siap beroperasi penuh.

Direktur Utama PT JMB Charles Lendra mengatakan progres konstruksi seksi 2B telah mencapai 100% dan sudah melakukan uji laik fungsi (ULF) pada awal Januari 2022. Serta telah mendapatkan sertifikat laik operasi (SLO) oleh Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Dengan tersambungnya seluruh ruas mulai dari Manado hingga Bitung akan semakin mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Sulawesi Utara," kata Charles Lendra dalam keterangan resmi, Senin, 21 Februari 2022.

Lebih lanjut, Charles berharap dengan tersambungnya seluruh seksi jalan Tol Manado-Bitung dapat memberikan dampak positif pada peningkatan volume lalu lintas jalan tol dengan mengacu pada tingkat kelayakan jalan tol sesuai business plan pada PPJT.

Selain itu, Tol Manado-Bitung yang siap beroperasi penuh akan mempermudah mobilitas masyarakat dan distribusi barang antar kedua kota tersebut.

Hal itu menjadikannya harapan baru bagi percepatan penyelesaian kawasan ekonomi khusus (KEK) Bitung karena pada dasarnya kelayakan jalan Tol Manado-Bitung juga bergantung pada perkembangan kawasan sekitar.

Nantinya, saat jalan tol ini beroperasi penuh maka akan ada satu gerbang tol (GT) baru sebagai akses masyarakat untuk masuk ke jalan Tol Manado-Bitung. GT Bitung ini terkoneksi dengan Jalan Ir. Soekarno yang merupakan akses terdekat menuju Pelabuhan Internasional Bitung.

Penambahan GT Bitung diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat ke berbagai lokasi strategis dan destinasi wisata di Sulawesi Utara.

Melalui jalan Tol Manado-Bitung akan memangkas waktu tempuh perjalanan menjadi lebih singkat. Sebelumnyam waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional sekitar 1,5 jam. Sedangkan melalui jalan tol ini hanya memerlukan waktu 30 menit perjalanan.

Panjang jalan Tol Manado-Bitung secara keseluruhan ialah 39,9 km dengan menggunakan konsep pembangunan kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU). Terdiri dari dua seksi yakni seksi I Mando-Airmadidi sepanjang 14 km yang dibangun oleh pemerintah dan seksi 2 Airmadidi-Bitung sepanjang 25 km yang dibangun oleh PT JMB.