Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada
Nasional

Rumah Sakit Legendaris di Pamulang Ini Terancam Pailit

  • RS di perempatan Gaplek yang menghubungkan Pamulang dengan Ciputat, Cinere dan Sawangan ini sudah berbulan-bulan tidak beroperasi
Nasional
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Setelah beroperasi dan melayani masyarakat selama lebih dari dua dekade, Rumah Sakit (RS) Bhineka Bakti Husada, salah satu RS paling legendaris di daerah Pamulang Tangerang Selatan, Banten terancam pailit. 

Di kutip dari laman sipp.pn-jakartapusat.go.id, Senin, 15 Mei 2023, RS swasta yang pernah ngetop ini digugat Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) oleh dua krediturnya, yaitu PT Bintang Selatan Mandiri Utama dan PT Primajaya Putra Mandiri.

PT Bintang diketahui sebagai perusahaan distributor alat kesehatan dan laboratorium yang beralamat di wilayah Parung, Bogor. PT Primajaya yang berdomisili di Kreo, Larangan, Kota Tangerang juga pebisnis alat-alat kesehatan.

Dalam gugatannya, para penggugat meminta Pengadilan Negeri (PN) Niaga Jakarta Pusat mengabulkan permohonan PKPU terhadap RS yang berlokasi di Jl Cabe Raya No 17 Pamulang, Tangerang Selatan.  Kedua, menyatakan RS Bhineka berada dalam PKPU dengan segala akibat hukumnya. Ketiga, menetapkan PKPU selama 45 hari sejak putusan diucapkan.

Para penggugat juga meminta pengadilan menunjuk kurator untuk menangani PKPU ini. Gugatan PKPU ini terdaftar di PN Niaga Jakarta Pusat pada 4 Mei 2023.

Kalah Bersaing

Berdasarkan pantuan TrenAsia, rumah sakit yang berada di lokasi strategis ini, perempatan Gaplek yang menghubungkan wilayah Pamulang dengan Ciputat, Cinere dan Sawangan ini sudah berbulan-bulan tidak beroperasi. Aktivitasnya sepi dan jika malam dalam kondisi gelap.  

Padahal sebelum pembangunan di wilayah Selatan Jakarta ini maju pesat, RS Bhineka merupakan rujukan utama bagi masyarakat yang ingin berobat di kawasan ini.

Rumah Sakit Umum kelas C ini berada di area seluas sekitar 6.120m2 dengan luas bangunan mencapai 5.339 m2. Pasien memiliki sejumlah pilihan layanan, seperti VIP, kelas I hingga kelas III. Memiliki 63 kamar, RS ini mampu menampung 114 pasien.

Layanan RS Bhineka pada awalnya cukup lengkap untuk ukuran kota ini. Seperti spesialis penyakit dalam, hematologi onkologi, spesialis jantung, paru, anak, psikomatis, THT, syaraf, gigi, mata dan juga kebidanan serta kandungan.

Sejumlah fasilitas medik dan layanan laboratorium tersedia di RS ini. Seperti laboratorium klinik dan patologi anatomi, hemodialisa, diagnostik medik, kamar bedah, HCU/ICU dan fisioterapi.

Sesuai akte perusahaan No 25, RS Bhineka berdiri tanggal 9 Februari 2002. PT Bhineka Bakti Husada ini merupakan perubahan dari Yayasan Bakti Husada.

Meski sudah punya nama dan berada di lokasi strategis, sejak 5 tahun terakhir RS Bhineka mengalami banyak tekanan, terutama dari para pesaingnya, rumah sakit-rumah sakit swasta baru yang terus bermunculan. Contohnya RS Permata Pamulang, RSUD Tangerang Selatan, RS Buah Hati, RS Vitalaya, RS Syarif Hidayatullah, RS Sari Asih, RS Hermina, RS Brawijaya dan yang terbaru RS Mitra Keluarga Pamulang.