<p>Emtek milik konglomerat Eddy Kusnadi Sariaatmadja ini juga resmi mencaplok saham pengelola rumah sakit Omni Hospitals, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) / Omni-hospitals.com</p>
Korporasi

RUPSLB Sarana Meditama Metropolitan (SAME) Sepakati Private Placement 1,7 miliar Saham

  • PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 1,7 miliar saham dalam private placement.
Korporasi
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA - Emiten pengelola Omni Hospitals Milik Grup Emtek, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME), akan melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement.

Keputusan ini ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 26 Oktober 2021.

Terkait hal ini, SAME akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 1.712.963.255 saham baru atau maksimum 10% dari seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh.

Selain itu, mata acara rapat juga menyetujui rencana SAME untuk melakukan pengambilalihan atas mayoritas saham PT Kedoya Adyaraya Tbk (RSGK).

“Menyetujui rencana perseroan untuk melakukan pengambilalihan atas mayoritas saham RSGK,” tulis keterbukaan informasi SAME di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dijelaskan, pengambilalihan saham tersebut merupakan transaksi material sebagaimana dimaksud dalam POJK No. 17/2020. Perseroan pun memberikan kewenangan dan kuasa kepada setiap anggota direksi untuk melaksanakan segala tindakan yang dianggap perlu dalam aksi korporasi tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya SAME mengumumkan telah melakukan pembelian 167,34 juta saham RSGK atau sekitar 18% porsi saham. Nilai transaksi pembelian saham tersebut diperkirakan sebesar Rp287,82 miliar.

Targetnya, SAME akan mengakuisisi mayoritas saham RSGK dengan total kepemilikan saham mencapai 66%.

RSGK sendiri baru saja merampungkan proses penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) pada 2 – 6 September 2021. Perseroan resmi tercatat di BEI pada 8 September 2021.

Berdasarkan pengumuman PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), perseroan menawarkan 185,94 juta lembar saham dengan nilai nominal Rp200 per dengan harga pelaksanaan Rp1.720 per lembar. Dengan demikian, perolehan dana IPO yang diperoleh RSGK sebesar Rp319,82 miliar.