Nasabah menggunakan layanan Halo BCA di kantor cabang Bank BCA, Gandaria City, Jakarta, Kamis, 16 Desember 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Korporasi

RUPST, BCA Bagikan Dividen Rp17,9 Triliun

  • Jumlah tersebut setara dengan 57% laba bersih yang diperoleh Perseroan dalam tahun buku 2021 yang sebesar Rp31,4 triliun. Adapun saat ini jumlah saham perseroan yang disetor dan ditempatkan berjumlah 123,27 miliar saham setelah sebelumnya melakukan stock split dengan rasio 1:5 24,65 miliar saham lama.
Korporasi
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) menyetujui untuk membagikan dividen tunai Rp145 per saham atau setara Rp17,9 triliun. Jumlah tersebut setara dengan 57%  laba bersih yang diperoleh Perseroan dalam tahun buku 2021 yang sebesar Rp31,4 triliun.

Manajemen perusahaan menjelaskan dividen tunai tersebut sudah termasuk dividen interim tahun buku 2021 sebesar Rp25 per saham yang telah dibayarkan oleh perseroan kepada para pemegang saham pada tanggal 7 Desember 2021.

“Sehingga sisanya sebesar Rp120 per saham akan dibagikan kepada pemegang saham pada tanggal yang akan ditetapkan oleh Direksi Perseroan,” tulis manajemen dalam keterangan resmi seperti dikutip Kamis, 17 Maret 2022.

Adapun saat ini jumlah saham perseroan yang disetor dan ditempatkan berjumlah 123,27 miliar saham setelah sebelumnya melakukan stock split dengan rasio 1:5 24,65 miliar saham lama.

Rombak Dewan Direksi 

Selain menyetujui pembagian dividen tunai, RUPST juga menetapkan berakhirnya masa jabatan Suwignyo Budiman selaku Wakil Presiden Direktur Perseroan, yang akan digantikan oleh Gregory Hendra Lembong sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan yang berlaku efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya setelah Perseroan menerima persetujuan OJK atas pengangkatan tersebut.

Lalu juga mengganti direktur yang membawahkan fungsi kepatuhan Perseroan, yang semula dijabat oleh Haryanto Tiara Budiman menjadi Lianawaty Suwono yang berlaku efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya setelah Perseroan menerima persetujuan OJK atas pengangkatan.

Kemudian mengangkat Antonius Widodo Mulyono sebagai Direktur Perseroan yang berlaku efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya setelah Perseroan menerima persetujuan OJK atas pengangkatan tersebut.

Dengan demikian susunan baru anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang menjabat adalah sebagai berikut: 

 

Dewan Komisaris 

Presiden Komisaris : Djohan Emir Setijoso 

Komisaris : Tonny Kusnadi 

Komisaris Independen : Cyrillus Harinowo 

Komisaris Independen : Raden Pardede 

Komisaris Independen : Sumantri Slamet 

 

Direksi 

Presiden Direktur : Jahja Setiaatmadja 

Wakil Presiden Direktur : Armand Wahyudi Hartono 

Wakil Presiden Direktur : Gregory Hendra Lembong 

Direktur : Subur Tan 

Direktur : Rudy Susanto 

Direktur (yang juga membawahkan fungsi Kepatuhan) : Lianawaty Suwono 

Direktur : Santoso 

Direktur : Vera Eve Lim 

Direktur : Haryanto Tiara Budiman 

Direktur : Frengky Chandra Kusuma 

Direktur : John Kosasih 

Direktur : Antonius Widodo Mulyono 

 

RUPST juga menyetujui untuk memberi kuasa dan wewenang kepada Pemegang Saham Mayoritas untuk menentukan jenis dan/ atau besarnya honorarium, tunjangan dan/ atau fasilitas untuk para anggota Dewan Komisaris yang menjabat dalam dan selama tahun buku 2022 serta menetapkan besarnya tantiem serta pembagiannya kepada masing-masing anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang menjabat dalam dan selama tahun buku 2021, termasuk segala sesuatu yang berhubungan dengan tantiem tersebut.

“Juga memberikan kuasa dan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menentukan jenis dan/ atau besarnya gaji, tunjangan dan/ atau fasilitas untuk para anggota Direksi yang menjabat selama tahun buku 2022,” tambah manajemen.