Korporasi

RUPST, Ini Susunan Dewan Komisaris dan Direksi BRI Terbaru

  • Adapun pada jajaran direksi, tidak ada rotasi. Direksi yang masa jabatannya habis seperti Sunarso, Supari, dan Ahmad Solichin kembali diangkat. Khusus Ahmad Solichin kembali diangkat untuk masa jabatan satu term dan tetap sebagai Direktur Kepatuhan.
Korporasi
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Salah satu mata acara RUPST yaitu pergantian pengurus, yang mana menunjuk Irjen Kementerian Keuangan Awan Nurmawan Nuh sebagai Komisaris BRI menggantikan Hadiyanto.

Adapun pada jajaran direksi, tidak ada rotasi. Direksi yang masa jabatannya habis seperti Sunarso, Supari, dan Ahmad Solichin kembali diangkat. Khusus Ahmad Solichin kembali diangkat untuk masa jabatan satu term dan tetap sebagai Direktur Kepatuhan.

"Mengenai pergantian pengurus perseroan RUPST di antaranya adalah memberhentikan dengan hormat saudara Hadiyanto sebagai komisaris karena habis term-nya kami ucapkan terima kasih atas sumbangsih, dan mengangkat Awan Nurmawan Nuh sebagai komisaris, dan anggota dewan komisaris baru bisa jalankan tugas setelah fit and proper test," kata Direktur Utama BRI Sunarso dalam konferensi pers, Senin, 13 Maret 2023.

Awan sendiri lahir di Bandung 26 September 1968. Menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada tahun 1992, kemudian meraih gelar Master of Business Taxation dari University of Southern California, Amerika Serikat, pada tahun 1997.

Ia pernah menjabat sebagai Direktur Perpajakan I Direktorat Jenderal Pajak. Kemudian ditunjuk sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak sejak 11 November 2013. Pada Oktober 2015 menjabat sebagai Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian sebelum akhirnya dipercaya sebagai Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I sejak 23 Mei 2016. Pada 31 Oktober 2016 dilantik oleh Menteri Keuangan sebagai Staf Ahli Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak.

Dengan demikian, susunan dewan komisaris dan direksi BRI yang baru adalah sebagai berikut.

Dewan Komisaris
Komisaris Utama: Kartika Wirjoatmodjo
Wakil Komisaris Utama/Independen: Rofikoh Rokhim
Komisaris: Rabin Indrajad Hattari
Komisaris: Awan Nurmawan Nuh
Komisaris Independen: Hendrikus Ivo
Komisaris Independen: Dwi Ria Latifa
Komisaris Independen: Heri Sunaryadi
Komisaris Independen: Paripurna Poerwoko Sugarda
Komisaris Independen: Agus Riswanto
Komisaris Independen: Nurmaria Rosa

Dewan Direksi
Direktur Utama: Sunarso
Wakil Direktur Utama: Catur Budi Harto
Direktur Bisnis Mikro: Supari
Direktur Bisnis Kecil dan Menengah: Amam Sukriyanto
Direktur Bisnis Konsumer: Handayani
Direktur Human Capital: Agus Winardono
Direktur Keuangan: Viviana Dyah Ayu Retno K
Direktur Digital dan Teknologi Informasi: Arga M. Nugraha
Direktur Manajemen Risiko: Agus Sudiarto
Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan: Agus Noorsanto
Direktur Jaringan dan Layanan: Andrijanto
Direktur Kepatuhan: A. Solichin Lutfiyanto