IMG_20230612_162216.jpg
Nasional

Rusia Sebut Ukraina Berupaya Serang Kapal Angkatan Laut Negaranya

  • Rusia Ukraina tengah melakukan upaya yang gagal untuk menyerang kapal angkatan laut Rusia.

Nasional

Rizky C. Septania

MOSKOW - Rusia  Ukraina tengah melakukan upaya yang gagal untuk menyerang kapal angkatan laut Rusia.

Serangan Ukraina disebut Rusia dilakukan dengan melibatkan enam kapal drone berkecepatan tinggi ketika kapal Rusia berpatroli di jaringan pipa gas alam utama di Laut Hitam.

Kala itu, Kapal Priazovye milik Rusia tengah melakukan pemantauan situasi sekaligus memastikan keamanan di sepanjang rute pipa gas TurkStream dan Blue Stream di bagian tenggara Laut Hitam.

Saat kapal berpatroli, Rusia mengatakan drone milik Ukraina diam-diam menyerang pada Minggu dini hari. Lokasinya berada di sekitar 300 km tenggara Sevastopol, markas besar armada Laut Hitam Rusia di semenanjung Krimea.

Pada saat serangan itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan sebuah pesawat pengintai tak berawak RQ-4 Global Hawk AS didapati tengah berada di wilayah tengah Laut Hitam.

"Kapal Armada Laut Hitam Priazovye terus menjalankan tugas yang diberikan," kata kementerian pertahanan sebagaimana dikutip TrenAsia.com dari Reuters, Senin, 12 Juni 2023.

Sebagai catatan, Jaringan pipa gas ya g tampaknya sedang diincar oleh ya g disebut Rusia sebagai ulah Ukraina ini merupakan jaringan gas Turkstrem. Sebagaimana diketahui,
Rusia dan Turki secara resmi meluncurkan jargas dengan kapasitas 31,5 miliar meter kubik per tahun pada Januari 2020.

Pipa tersebut  memungkinkan Moskow melewati Ukraina sebagai rute transit ke Eropa dan membawa gas alam Rusia ke Eropa selatan melalui Laut Hitam dan Turki.