Penampakan laman mesin pencari Yandex
Tekno

Rusia Wajibkan Yandex Jadi Mesin Pencari Resmi Gadget 2022

  • Pemerintah Rusia mewajibkan Yandex menjadi mesin pencari resmi untuk semua gadged yang di jual di negara itu terhitung awal 2022.
Tekno
Redaksi

Redaksi

Author

JAKARTA - Pemerintah Rusia mewajibkan Yandex menjadi mesin pencari resmi untuk semua gadget yang di jual di negara itu terhitung awal 2022. Kewajiban itu tertera dalam dekrit yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin.

Menurut laporan lembaga berita resmi Rusia, Tass, dekrit tersebut telah diposting melalui website resmi informasi hukum pemerintah baru-baru ini.

Dengan kondisi ini, selanjutnya, mesin pencari Yandex dan Kaspersky Internet Security akan melengkapi daftar program wajib untuk instalasi pada komputer stasioner dan portabel dan unit sistem dengan sistem operasi sejak 1 Januari tahun depan di negara tersebut.

Sebelumnya, pada Agustus 2021, Kabinet Rusia juga telah menyetujui daftar program Rusia untuk pra-instalasi pada ponsel cerdas, komputer, dan perangkat TV pintar yang dijual di Rusia sejak 1 Januari 2022.

Yandex Buat Terobosan

Dalam hal menonton video di YouTube, Yandex membangun layanan bantuan sulih suara dari bahasa Inggris ke bahasa Rusia secara otomatis pada perambaan Yandex Browser. Fitur tersebut dapat diaktifkan di YouTube ataupun layanan lain, demikian bunyi siaran pers Yandex.

“Menghilangkan hambatan bahasa di internet merupakan salah satu tantangan terbesar kami. Kami mulai menyelesaikannya pada 2011 dan kini dapat menerjemahkan semua jenis konten utama: teks, gambar, dan video. Nantinya, kami akan menambahkan bahasa dan suara baru (dalam sistem sulih suara) sehingga dapat membantu orang-orang belajar sambil menikmati hiburan,” kata Yandex kepada VC.ru.

Sulih suara itu terdiri dari suara laki-laki dan perempuan Rusia yang ditumpangtindikan terhadap audio asli.

Sulih suara dengan Yandex tersebut dihasilkan berkat bantuan jaringan saraf tiruan yang mengenali ucapan dan mengeluarkan teks serta kalimat lengkap. Sistem sulih suara akan menentukan jenis kelamin pembicara, menerjemahkan kalimat ke dalam bahasa Rusia, menyintesiskan suara yang sesuai, dan menyinkronisasi audio yang dihasilkan dengan video.