Gerhana Matahari Total Terjadi Hari Ini! Berikut Wilayah yang Bisa Menyaksikannya
Sains

Saat Gerhana, Bangsawan Bangsa Maya Mengorbankan Darah untuk Membantu Matahari Yang Sekarat

  • Suku Maya menciptakan sistem kalender yang rumit untuk mengatur dunia mereka — salah satu sistem kalender paling akurat di zaman pra-modern.
Sains
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Bangsa Maya kuno bisa dibilang salah satu masyarakat pengamat langit terbesar.  Ahli matematika ulung, mereka mencatat pengamatan sistematis terhadap pergerakan Matahari, planet, dan bintang.

Dari pengamatan ini, mereka menciptakan  sistem kalender yang rumit  untuk mengatur dunia mereka. Salah satu sistem kalender paling akurat di zaman pra-modern.

Kimberly Breuer, Associate Professor Pengajaran di Departemen Sejarah di Universitas Texas di Arlington di Live Science 4 April 2024 menulis, para astronom dari bangsa Maya mengamati Matahari dengan cermat. Kemudian  menyelaraskan struktur monumental, seperti piramida,  untuk melacak titik balik matahari dan ekuinoks . 

Mereka juga memanfaatkan struktur ini, serta gua dan sumur,  untuk menandai hari puncak. Peristiwa yang terjadi dua kali setahun di daerah tropis saat Matahari berada tepat di atas kepala dan objek vertikal tidak menghasilkan bayangan.

Para juru tulis Maya menyimpan catatan pengamatan astronomi dalam kodeks, buku lipat hieroglif yang terbuat dari kertas kulit pohon ara. 

“Kodeks  Dresden , salah satu dari empat teks Maya kuno yang tersisa, berasal dari abad ke-11. Halaman-halamannya berisi kekayaan pengetahuan astronomi dan interpretasi agama serta memberikan bukti bahwa suku Maya dapat memprediksi gerhana matahari,” tulisnya.

Dari tabel astronomi kodeks tersebut  , para peneliti mengetahui bahwa suku Maya melacak titik-titik bulan, dua titik di mana orbit Bulan berpotongan dengan  ekliptika  — bidang orbit Bumi mengelilingi Matahari, yang menurut pandangan kami adalah jalurnya. matahari menembus langit kita. Mereka juga  membuat tabel  yang dibagi menjadi 177 hari musim gerhana matahari , yang menandai hari-hari di mana gerhana mungkin terjadi.

Pertempuran Surgawi

Tapi mengapa berinvestasi begitu banyak dalam pelacakan langit? Pengetahuan adalah kekuatan. Jika Anda mencatat apa yang terjadi pada saat peristiwa langit tertentu, Anda dapat diperingatkan dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat ketika siklus tersebut berulang. 

Para pendeta dan penguasa akan mengetahui cara bertindak, ritual apa yang harus dilakukan, dan pengorbanan apa yang harus dilakukan kepada para dewa untuk menjamin bahwa siklus kehancuran, kelahiran kembali, dan pembaruan  terus berlanjut.

Dalam sistem kepercayaan Maya  , matahari terbenam dikaitkan dengan kematian dan pembusukan. Setiap malam dewa matahari, Kinich Ahau, melakukan perjalanan berbahaya melalui Xibalba, dunia bawah Maya, untuk dilahirkan kembali saat matahari terbit. Gerhana matahari dipandang sebagai  "matahari yang rusak ". Sebuah tanda kemungkinan kehancuran yang dahsyat.

Kinich Ahau dikaitkan dengan kemakmuran dan ketertiban. Saudaranya Chak Ek – bintang pagi, yang sekarang kita kenal sebagai planet Venus – dikaitkan dengan perang dan perselisihan. Mereka memiliki  hubungan yang bermusuhan , berjuang untuk supremasi.

Pertarungan mereka bisa disaksikan di surga. Selama gerhana matahari,  planet, bintang, dan terkadang komet dapat terlihat secara totalitas . Jika diposisikan dengan benar, Venus akan bersinar terang di dekat gerhana Matahari. Sesuatu  yang oleh suku Maya ditafsirkan sebagai serangan Chak Ek. 

Hal ini ditunjukkan dalam Kodeks Dresden, di mana dewa Venus yang menyelam muncul dalam tabel gerhana matahari. Dan  dalam koordinasi gerhana matahari dengan siklus Venus  dalam Kodeks Madrid, buku lipat Maya lainnya dari akhir abad ke-15.

“Dengan Kinich Ahau (Matahari ) tersembunyi di balik Bulan, suku Maya percaya dia sedang sekarat. Ritual pembaruan diperlukan untuk memulihkan keseimbangan dan mengembalikannya ke jalur yang benar,” tambah Breuer.

Bangsawan, khususnya raja, akan melakukan  pengorbanan pertumpahan darah. Menusuk tubuh mereka dan mengumpulkan tetesan darah untuk dibakar sebagai persembahan kepada dewa matahari. "Darah para raja" ini adalah bentuk pengorbanan tertinggi, yang dimaksudkan untuk memperkuat Kinich Ahau. 

Maya percaya para dewa pencipta telah memberikan darah mereka dan mencampurkannya dengan adonan jagung untuk menciptakan manusia pertama. Pada gilirannya, kaum bangsawan memberikan sebagian kecil dari kekuatan hidup mereka untuk memberi makan para dewa .