1.jpg
Tekno

Saat Tank NATO Bertempur Menggunakan Jubah Rusia

  • Sepertinya tank Leopard khusus ini berasal dari Kanada. Negara ini telah mengirimkan delapan Leopard 2 mereka untuk mendukung upaya perang Ukraina.

Tekno

Amirudin Zuhri

KYIV-Perkembangan senjata dari Ukraina datang dengan cepat dan seringkali tiba-tiba. Contoh kasus terlihat pada Leopard 2 Ukraina yang  muncul dengan balok eksplosif reactif armor (ERA ) Kontakt yang berasal dari teknologi Uni Soviet.

Sepertinya tank Leopard khusus ini berasal dari Kanada. Negara ini telah mengirimkan delapan Leopard 2 mereka untuk mendukung upaya perang Ukraina.

Secara umum, ERA adalah upaya untuk mempertahankan diri dari penetrasi amunisi anti-tank seperti high-explosive anti-tank  (HEAT) dan peluru penembus lapis baja. Balok-balok ini   meledakkan amunisi sebelum  mengenai lambung tank. Efek counter-blast dapat mengganggu efek senjata atau menghancurkannya secara langsung.

Leopard 2  sudah memiliki perlindungan yang kokoh dengan skema armornya dari roda hingga turret. Tetapi menambahkan ERA Kontakt berpotensi menambah perlindungan dari ancaman peluru kendali anti-tank dan senjata jarak dekat seperti granat berpeluncur roket. Jenis senjata yang bertebaran di semua medan perang Ukraina

Seperti diketahui tank telah menjadi sasaran utama dalam perang yang telah berlangsung sekitar 17 bulan tersebut. Tidak terkecuali tank Leopard yang masuk medan perang dalam serangan balik Ukraina akhir-akhir ini.

tank menggunakan blok ERA Kontakt buatan Rusia/TWitter

Berdasarkan bukti visual yang dikumpulkan pemantau independen Oryx sejauh ini Ukraina telah kehilangan sedikitnya tujuh Leopard. Mereka masing-masing 3 Leopard 2A4 dan  4 Leopard 2A6. Rusia di bagian lain mengklaim telah menghancurkan sekitar 47 tank buatan Jerman tersebut.

Kerasnya medan perang menjadikan penguatan tank memang harus dilakukan. Jelas, menambahkan ERA ke tank Leopard adalah bagian dari evolusi itu. Dan bukan berarti ERA juga tidak digunakan di negara-negara NATO. Tampaknya Ukraina menganggap perlindungan tambahan yang dapat diberikannya adalah kompensasi yang layak untuk bobot tambahan dan pertimbangan lain yang menyertainya.

Dan tentu saja selalu menarik untuk melihat peralatan  NATO dimodifikasi dengan kemampuan yang dirancang dan diterjunkan oleh lawan. Teknologi yang dimaksudkan untuk menghalangi dan mungkin menghadapi, dan sebaliknya. Praktik-praktik ini telah menjadi pokok perang yang semakin meningkat sejauh ini.