<p>Suasana pengerjaan jalur kereta ringan (LRT) Jakarta jurusan Cawang-Dukuh Atas di samping Waduk Setiabudi, Jakarta, Rabu, 22 Juli 2020. Hingga awal Juli 2020, pengerjaan proyek mencapai 72,51 persen atau bertambah 1 persen dari bulan sebelumnya. LRT Jabodebek nantinya akan terkoneksi dengan kawasan terpadu TOD yang menggabungkan transportasi MRT, Kereta Commuter Line, dan bus TransJakarta yang ditargerkan siap beroperasi secara komersial pada Juni 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Sabar Ya, LRT Jabodetabek Bakal Beroperasi Akhir Tahun 2021

  • JAKARTA – Proyek light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) ditargetkan akan beroperasi pada akhir 2021. Padahal, proyek tersebut sudah memasuki tahap uji coba kereta sejak tahun lalu. Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan proyek LRT Jabodebek merupakan salah satu solusi moda transportasi perkotaan. Meski ada pandemi COVID-19, […]

Nasional
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA – Proyek light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) ditargetkan akan beroperasi pada akhir 2021. Padahal, proyek tersebut sudah memasuki tahap uji coba kereta sejak tahun lalu.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan proyek LRT Jabodebek merupakan salah satu solusi moda transportasi perkotaan. Meski ada pandemi COVID-19, proyek tersebut tetap berjalan.

“Diharapkan (LRT) operasi pada 2021 akhir,” kata Kartika di Jakarta, Rabu, 16 September 2020.

Menurut Kartika, “Saat ini udah melalui fase testing, kalau kita lihat bentangan girder-nya sudah dari ujung ke ujung hampir selesai dari sebelah landmark building sampai dengan Bogor, Cibubur sudah hampir selesai,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk (ADHI) Entus Asnawi menyebutkan proyek pembangunan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau infrastruktur pemerintah tidak mengalami penundaan selama pandemi ini.

Pembangunan LRT tetap berjalan dan beberapa project tol di Sumatera tetap berjalan. Proyeknya Pertamina juga berjalan dan beberapa proyek bandara juga berjalan, serta ada proyek gedung juga masih berjalan. Tetapi kondisinya kami sesuaikan dengan prasyarat new normal,” ujarnya.

Hingga Mei 2020, Entus menuturkan progres pembangunan LRT Jabodebek yang masih berjalan sudah mencapai 71,2%. Adapun, Pembangunan LRT Jabodebek tahap pertama telah dilakukan dilakukan sejak September 2015.

Secara rinci, progress pekerjaannya terdiri dari lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur sebesar 85,7%, lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 65,9%, dan lintas layanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 64,8%.