<p>Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Royke Tumilaar / Facebook @bankmandiri</p>
Industri

Sah! Erick Copot 7 Direksi Termasuk Herry Sidharta, Diganti Bos Mandiri Royke Tumilaar Jadi Dirut BNI

  • Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi mencopot Herry Sidharta dari jabatannya dan menunjuk Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Industri
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi mencopot Herry Sidharta dari jabatannya dan menunjuk Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Dalam dokumen resmi dari sumber TrenAsia.com, keputusan itu dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BNI di Jakarta, Rabu, 2 September 2020. Tujuh dari 12 direksi tercatat dicopot dari jabatannya, yakni Direktur Utama Hery Sidharta, Wadirut Anggoro Eko Cahyo, Direktur Keuangan Sigit Prastowo, Direktur Manajemen Risiko Osbal Saragi Rumahorbo.

Kemudian direksi lain yang dicopot adalah Direktur Tresuri dan Internasional Putrama Wahju Setiawan, Direktur Bisnis UMKM Tambok Parulian Setyawati, Direktur Bisnis Korporasi Benny Yoslim. Sedangkan, Adi Sulistyowati digeser dari Direktur Layanan dan Jaringan menjadi Wakil Direktur Utama.

Royke Tumilaar sebelumnya adalah Dirut Bank Mandiri. Royke resmi menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri dalam RUPSLB pada 9 Desember 2019. Ia menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri BUMN dan ditetapkan sebagai Komisaris Utama Bank Mandiri dalam RUPS tersebut.

Royke sendiri telah menjadi pemimpin bank berlogo pita kuning tersebut sejak Oktober 2019. Mengutip laman resmi Bank Mandiri, Royke lahir pada tahun 1964.

Ia meraih gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Ekonomi Manajemen dari Universitas Trisakti pada tahun 1987 dan gelar Master of Business Finance dari University of Technology Sydney pada tahun 1999.

Pada tahun 1999, Royke bergabung dengan Bank Mandiri melalui Bank Dagang Negara (BDN), warisan Bank Mandiri. Jabatan terakhirnya adalah Senior Professional di Tim Penyelesaian Kredit di Jakarta.

Kemudian, pada tahun 2007 ia dipromosikan menjadi Group Head Regional Commercial Sales I yang berakhir pada Mei 2010. Namun, pada Agustus 2009, ia merangkap sebagai Komisaris Mandiri Sekuritas.

Tahun berikutnya, yakni Mei 2010, Royke diangkat menjadi Group Head of Commercial Sales Jakarta sampai dengan Mei 2011. Lalu Mei 2011, ia diangkat menjadi Managing Director Treasury, Financial Institutions & Special Asset Management.

Berikut susunan direksi BNI terbaru:

Direktur Utama: Royke Tumilaar
Wakil Direktur Utama: Adi Sulistyowati
Direktur Keuangan: Novita Widya Anggraini
Direktur Manajemen Risiko: David Pirzada
Direktur Tresuri & Internasional: Henry Panjaitan
Direktur Bisnis Konsumer: Corina Leyla Karnelies
Direktur Bisnis UMKM: Muhamad Iqbal
Direktur Teknologi Informasi & Operasi: Y.B. Hariantono
Direktur Human Capital dan Kepatuhan: Bob Tyasika Ananta
Direktur Hubungan Kelembagaan: Sis Apik Wijayanto
Direktur Corporate Banking: Silvano Rumantir
Direktur Layanan dan Jaringan: Ronny Venir (SKO)