<p>Darmawan Prasodjo</p>
Industri

Sah! Erick Thohir Copot Zulkifli dan Angkat Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN

  • Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PT PLN yang baru menggantikan Zulkifli Zaini.
Industri
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN yang baru. Darmawan menggantikan Zulkifli Zaini yang menjabat sebagai Dirut PLN sejak Desember 2019.

Penunjukkan tersebut dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021. Surat Keputusan RUPS telah disampaikan kepada PLN dan berlaku sejak 6 Desember 2021.

Erick menilai Zulkifli Zaini telah sukses membawa produsen listrik negara ini menjadi yang terdepan dan terpenting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam kurun dua tahun, PLN telah memperbaiki kinerja dengan membukukan pendapatan usaha sebesar Rp345,4 triliun dan mencapai laba bersih Rp5,99 triliun pada tahun 2020.

Laba ini naik 39,3% dibandingkan dengan tahun 2019. BUMN dengan aset Rp1.600 triliun ini juga berhasil menurunkan jumlah rasio utang menjadi senilai Rp452,4 triliun.

Erick memandang, dalam kepemimpinan Zulkifli, usaha transformatif juga dilakukan secara paralel sebagai salah satu garda dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) selama pandemi COVID-19.

Kontribusi PLN melalui diskon listrik dengan target penerima 31,4 juta rumah tangga di tahun 2020 dan 32,6 juta rumah tangga tahun 2021, telah membantu menjaga kestabilan ekonomi dan sosial di masyarakat.

"Saya menghaturkan terima kasih sebesar-besarnya atas komitmen yang sudah diberikan selama ini. Saya yakin rekam jejak terbaik yang ditorehkan menjadi legacy dan pondasi untuk pemimpin berikutnya," ungkap Erick dalam keterangan pers, Senin, 6 Desember 2021.

Kepada Darmawan Prasodjo, Erick berpesan agar melanjutkan upaya transformasi yang telah dilakukan agar terus ditingkatkan menjadi lebih baik.

“Transisi energi yang dilakukan PLN perlu dilakukan terobosan sehingga tidak membebani negara dan masyarakat," katanya.

Tantangan PLN

Erick menegaskan tantangan transformasi PLN ke depan tidak hanya terbatas pada perbaikan finansial PLN tetapi juga bagaimana menghadapi tantangan global.

Ada beberapa isu penting yang harus digerakkan oleh PLN di antaranya energi hijau, digitalisasi, layanan kepada masyarakat serta penerapan eco lifestyle agar bisa menciptakan pembangunan energi yang berkelanjutan.

“PLN perlu mempersiapkan diri untuk melakukan akselerasi bisnis dalam menghadapi tren baru seperti ekosistem kendaraan listrik dan berkolaborasi terkait electrifying lifestyle dengan pihak-pihak lain," ungkapnya.

Zulkifli Zaini dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan seluruh pihak selama menjabat sebagai Dirut PLN selama dua tahun.

"Dukungan dari Menteri dan Wamen BUMN, Dewan Komisaris, dan stakeholder lain yang luar biasa untuk mengatasi tantangan dalam menerangi negeri dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," katanya.

Susunan Direksi PLN Terbaru

Dengan penunjukkan Darmawan Prasodjo maka susunan Direksi PLN yang baru adalah sebagai berikut.

  1. Direktur Utama: Darmawan Prasodjo
  2. Direktur Perencanaan Korporat: Evy Haryadi
  3. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan: Bob Saril
  4. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Sinthya Roesly
  5. Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia: Syofvi Felienty Roekman
  6. Direktur Energi Primer: Rudy Hendra Prastowo
  7. Direktur Mega Proyek dan EBT: Wiluyo Kusdwiharto
  8. Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan: Muhammad Ikbal Nur
  9. Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali: Haryanto WS
  10. Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara: Syamsul Huda