Penandatanganan perjanjian kerjasama Pertamina dengan Dorna Sports, penyelenggara event MotoGP dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dan Managing Director Dorna Sports, S.L, Carlos Ezpeleta (secara online) dan disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Jakarta, Rabu 9 Februari 2022.
Nasional

Sah! Event MotoGP Mandalika Resmi Disebut 'Pertamina GP of Indonesia'

  • Event balap motor MotoGP rencananya akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Nama resmi event ini kini disebut dengan "Pertamina Grand Prix of Indonesia".

Nasional

Daniel Deha

JAKARTA -- Event balap motor paling bergengsi di dunia MotoGP rencananya akan digelar di Pertamina Circuit Street Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Nama resmi event internasional ini kini disebut dengan "Pertamina Grand Prix of Indonesia".

Pemberian nama ini membuktikan kontribusi PT Pertamina (Persero) dalam menyukseskan ajang MotoGP setelah sebelumnya nama Pertamina disematkan pada nama Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dukungan Pertaminan kemudian ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Dorna Sports, penyelenggara event MotoGP.

Penandatanganan dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dan Managing Director Dorna Sports, S.L, Carlos Ezpeleta (secara online) dan disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Jakarta, Rabu 9 Februari 2022.

Dalam sambutannya, Erick menyampaikan Presiden Joko Widodo sejak awal mendorong event internasional di Indonesia antara lain seperti Asian Games dan World Superbike yang telah sukses diselenggarakan pada November 2021 di Sirkuit Mandalika.

Dia pun berterima kasih atas keseriusan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan terutama Pertamina yang telah menyukseskan event tersebut.

"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pertamina yang memang sekarang kita terus dorong sebagai perusahaan global. Kita punya target Pertamina mempunyai valuasi yang sangat besar US$100 miliar," katanya.

Sementara itu, Nicke mengungkapkan  dukungan penuh Pertamina dalam menghadirkan sirkuit balap motor dan ajang balap "Pertamina GP of Indonesia".

Event ini diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi nasional, meningkatkan potensi pariwisata, serta memajukan ekosistem motorsport di Indonesia.

“Semoga kehadiran sinergi BUMN ini memberikan multiplier effect dan menjadi bagian dari pemulihan ekonomi Nasional, sekaligus menjadi peluang penetrasi pasar global yang luas bagi Pertamina, produk-produk BUMN maupun UMKM yang berada di Mandalika maupun di daerah lain," ucapnya.

Dia menuturkan, event Pertamina GP of Indonesia ini sudah sangat dirindukan masyarakat setelah terakhir dilakukan di Indonesia 25 tahun yang lalu dan diharapkan event ini menjadi momentum kebanggaan bangsa Indonesia dan semangat untuk segera bangkit pasca pandemi.

"Dengan penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia ini kita dapat memperkuat nation branding Indonesia sebagai negara yang resilien di tengah krisis pandemi global," ungkapnya.

Carlos Ezpeleta menyatakan sangat gembira dengan masuknya Pertamina sebagai pendukung utama GP of Indonesia.  

Kerjasama kedua pihak diharapkan semakin memperkuat kehadiran Pertamina dan Indonesia dalam olahraga ini.

Selain menjadi pendukung utama Sirkuit Mandalika, sebelumnya juga mendukung tim SAG Pertamina Mandalika yang berlaga di Moto2™️ World Championship.

"Dorna Sport dengan bangga mengumumkan kesepakatan kerjasama untuk gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia dan akan memastikan Pertamina, Indonesia dan Pulau Lombok terdepan dan menjadi pusat perhatian di panggung internasional," kata Carlos.

Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC selaku BUMN pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan Sirkuit Mandalika yang memegang lisensi penyelenggaraan MotoGP di Indonesia  menyampaikan kesiapannya menjadi tuan rumah Pertamina GP of Indonesia.  

"Kami sangat bergembira dengan kerjasama antara Dorna Sport dan Pertamina. Hal ini menunjukkan kolaborasi yang kuat antar BUMN di Indonesia dalam menyukseskan penyelenggaraan balap motor MotoGP di Pertamina Mandalika Circuit," ujarnya.