Ilustrasi Apple.
Korporasi

Saham Apple Cetak Rekor Usai Perkenalkan AI di iOS18

  • Penambahan fitur Apple Intelligence pada sistem operasinya, termasuk iPhone, pengguna akan sangat terbantu dalam merangkum teks, membuat gambar asli, dan mengambil data-data yang dibutuhkan.

Korporasi

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA - Saham Apple Inc mengalami kenaikan dan mencetak rekor tertinggi setelah memperkenalkan fitur-fitur kecerdasan buatan (AI) dalam sistem operasi iOS 18. Kecerdasan buatan ini, yang disebut Apple Intelligence, menjadi pusat perhatian saat presentasi di WorldWide Developer's Conference 2024 pada Senin, 10 Juni 2024. 

Dengan penambahan fitur Apple Intelligence pada sistem operasinya, termasuk iPhone, pengguna akan sangat terbantu dalam merangkum teks, membuat gambar asli, dan mengambil data-data yang dibutuhkan. 

Pembaruan ini juga mencakup versi terbaru Siri, asisten digital yang pernah menjadi pionir perusahaan. Dilansir dari Bloomberg pada Rabu,12 Juni 2024, kemarin, saham Apple Inc mencetak rekor tertinggi pertamanya tahun ini dengan kenaikan sebesar 7,3% menjadi US$207,15.

Sejatinya reaksi para investor biasa saja ketika Apple meluncurkan fitur- yang yang telah lama dinantikan ini. Hal tersebut tampal dari beberapa saham pemasok utama Apple mengalami kemerosotan dalam waktu semalam.

Namun, Apple Inc berusaha mengejar ketertinggalan dari pesaingnya di pasar AI yang berkembang pesat, meskipun usaha ini berisiko tinggi. Apple mengandalkan antarmuka yang lebih efisien dan basis pelanggan yang loyal untuk mengembalikan keunggulannya dari Google dan Microsoft Corp.

Wakil Presiden Senior Craig Federighi, yang mengawasi rekayasa perangkat lunak, menyampaikan bahwa upaya tersebut sudah dilakukan sejak lama. "Ini adalah momen yang telah kami upayakan sejak lama," katanya. Dia menggambarkan Apple Intelligence sebagai "AI untuk kita semua," merujuk pada slogan lama tentang komputer Mac. 

Hubungi Google

Apple Inc secara resmi mengumumkan telah menjalin kemitraan dengan OpenAI, memungkinkan pelanggan untuk mengakses ChatGPT melalui Siri tanpa biaya tambahan.  Apple Intelligence akan diluncurkan pada akhir tahun ini, sementara beberapa fitur lainnya, termasuk kemampuan Siri dalam mengontrol fitur-fitur dalam aplikasi baru, akan dirilis tahun depan.  

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) OpenAI, Sam Altman, yang turut hadir di acara tersebut mengungkapkan kegembiraannya dapat bekerja sama dengan Apple melalui media sosial X miliknya.  

Meskipun integrasi ChatGPT tidak dikenakan biaya, pelanggan berbayar OpenAI akan terus mendapatkan fitur tambahan seiring waktu. Di samping itu, Apple juga telah membuka pembicaraan dengan Google mengenai penggunaan fitur Gemini perusahaan tersebut dan berencana mendukung layanan lain di masa depan.

Sementara itu, saham Alphabet, perusahaan induk Google, naik sebesar 1,5% selama presentasi Apple pada Selasa, 10 Juni 2024. Namun, pada hari berikutnya, saham Alphabet mengalami sedikit perubahan.

Asal tahu saja, tema utama presentasi Apple pada awal pekan ini adalah memastikan data pelanggan tetap aman. Federighi menyatakan bahwa Private Cloud Compute adalah sistem yang akan membantu menjaga keamanan informasi pengguna saat dikirim ke pusat data.

Fitur iOS 18

Apple Intelligence juga akan memberikan dukungan untuk emoji buatan AI yang disebut Genmoji dan pengeditan foto secara otomatis. Perangkat lunak iPhone dan iPad Apple, yaitu iOS 18 dan iPadOS, akan dilengkapi fitur-fitur untuk meningkatkan penyesuaian, produktivitas, dan komunikasi.

iPad akan mendapatkan aplikasi Kalkulator untuk pertama kalinya, memungkinkan pengguna menyelesaikan persamaan matematika dengan tulisan tangan menggunakan Apple Pencil. Ketidakhadiran aplikasi kalkulator di iPad telah lama menjadi keluhan pelanggan.

Saat ini, fitur iOS 18 masih dalam tahap Beta. Mengacu perilisan tahun-tahun sebelumnya, fitur ini kemungkinan dirilis secara umum pada pertengahan September mendatang. Fitur ini hanya dapat dinikmati perangkat iPhone XR sampai generasi sekarang. 

Layar Beranda yang Ditingkatkan: Pengguna dapat menempatkan ikon di mana saja, mengubah warna ikon aplikasi, dan menyesuaikan warna saat perangkat dalam mode gelap.

Pusat Kontrol Baru: Dukungan untuk kontrol pihak ketiga, beberapa halaman pengaturan, dan tampilan yang diperbarui.

Pesan Teks melalui Satelit: Dukungan untuk iPhone 14 dan model yang lebih baru, sebelumnya hanya tersedia dalam situasi darurat.

Aplikasi Pesan: Kemampuan menjadwalkan teks untuk dikirim nanti, dan fitur Tapbacks kini dapat berfungsi dengan emoji atau stiker digital.

Efek Khusus pada Kata dan Frasa: Pengguna dapat mengatur efek seperti kata bergetar untuk setiap kata dan frasa, serta dukungan rich text untuk komunikasi dengan pengguna Android.

Aplikasi Kata Sandi: Mengelola login aman, kunci sandi, dan detail akun WiFi.

Aplikasi Foto yang Didesain Ulang: Menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pengeditan.

Penguncian Aplikasi dengan ID Wajah: Kemampuan untuk mengunci aplikasi apa pun di belakang ID Wajah.