Waskita Karya
Korporasi

Saham Digembok BEI, Waskita Karya Ternyata Ajukan Penghentian Sementara Pembayaran Bunga Obligasi

  • Permohonan standstill ini dimintakan persetujuannya kepada seluruh pemegang obligasi melalui Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) pada tanggal 16 & 17 Februari 2023
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Merespons penguncian sementara perdagangan sahamnya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk menjelaskan pihaknya tengah melakukan restrukturisasi utang (MRA) sebagai salah satu strategi dalam penyehatan keuangan. 

Dalam rangka optimalisasi program restrukturisasi
keuangan yang tengah berjalan, emiten dengan kode ticker WSKT ini akan melakukan peninjauan ulang secara komprehensif terhadap implementasi MRA yang di dalamnya termasuk juga permohonan standstill atau penghentian sementara pembayaran bunga atas pembayaran kewajiban finansial kepada kreditur dan kepada pemegang obligasi dalam rangka equal treatment selama maksimal 6 bulan ke depan. 

Melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, WSKT menjelaskan, permohonan standstill ini dimintakan persetujuannya kepada seluruh pemegang obligasi melalui Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) pada tanggal 16 & 17 Februari 2023 dengan agenda permohonan persetujuan penjadwalan kembali pembayaran bunga dan/atau pokok. 

Salah satunya adalah pembayaran bunga ke-15 atas Obligasi Berkelanjutan III Waskita Karya Tahap IV Tahun 2019 Seri B yang jatuh tempo pada 16
Februari 2023. 

Perseroan berharap, dengan didapatkannya persetujuan dari Pemegang Obligasi Berkelanjutan III Waskita Karya Tahap IV Tahun 2019 melalui RUPO tanggal 17 Februari 2023 dapat menjadi dasar untuk pembukaan atas penghentian sementara perdagangan efek perseroan. 

"Dapat kami sampaikan bahwa penghentian sementara perdagangan efek tersebut tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap kegiatan operasional, kondisi keuangan dan going concern dari perseroan. Karena risiko tersebut telah teridentifikasi pada saat perseroan memutuskan untuk mengajukan standstill," tulis Presiden Direktur Waskita Karya, Destiawan Soewardjono, Jumat 17 Februari 2023.

Keputusan atas standstill ini, lanjut Destiawan, dinilai perlu untuk dilakukan perseroan dalam rangka memastikan kecukupan dana atau preservasi kas yang dapat digunakan sebagai
modal kerja operasional perseroan. Sehingga aktivitas core business Perseroan dapat berjalan dengan baik. 

Sebagai informasi, Bursa Efek Indonesia mengumumkan penghentian sementara perdagangan saham Waskita Karya pada sesi pertama, Kamis 16 Februari 2023. 

Melansir keterbukaan informasi, suspensi saham WSKT dilakukan menyusul penundaan pembayaran bunga ke-15 Obligasi Berkelanjutan III Waskita Karya Tahap IV Tahun 2019 Seri B. 

“Dan dalam rangka menjaga perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien maka bursa memutuskan untuk melakukan penghentian sementara perdagangan efek Waskita Karya sejak sesi I hingga pengumuman lebih lanjut,” tulis Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 3 BEI, Goklas Tambunan (16/02).