Layar menampilkan pergerakan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis 12 Januari 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Bursa Saham

Saham Emiten Afiliasi Calon Anak Buah Prabowo Mendadak Melenting, Siapa Tertinggi?

  • Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Senin, 14 Oktober 2024, telah memanggil 49 nama yang akan menduduki jabatan Menteri di kabinetnya. Dari deretan nama tersebut, ada dua figur yang namanya tidak asing dengan pasar saham Indonesia.

Bursa Saham

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Senin, 14 Oktober 2024, telah memanggil 49 nama yang akan menduduki jabatan Menteri di kabinetnya. Dari deretan nama tersebut, ada dua figur yang namanya tidak asing dengan pasar saham Indonesia. 

Figur tersebut adalah Erick Thohir, yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN, serta Widiyanti Putri Wardhana, putri dari Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pengendali sebuah emiten kelapa sawit. 

Menariknya, saham PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) dan PT Mahaka Media Tbk (ABBA), yang terkait dengan Erick Thohir, serta PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN), yang terafiliasi dengan Widiyanti, melonjak signifikan pada perdagangan sesi pertama hari ini, Selasa, 15 Oktober 2024.

Padahal, pada perdagangan sebelumnya-sebelumnya, saham ketiga emiten tersebut  bisa dikatakan tidak  likuid. Oleh karena itu, pemanggilan keduanya oleh Prabowo memperoleh reaksi positif dari pasar yang mengharapkan prospek positif ke depannya. 

Dalam hal ini, saham MARI, yang berafiliasi dengan Erick Thohir, mencatatkan lonjakan terbesar. Berdasarkan data RTI Business, hingga sesi perdagangan pertama, saham yang bergerak di bidang media dan investasi ini melambung 21,57% hingga mencapai harga Rp62 per saham.

Sementara itu, saham ABBA, yang merupakan induk dari emiten bersandikan MARI ini juga terpantau naik 8,82% sebelum jeda siang. Kenaikan ini merupakan hal positif, pasalnya saham emiten masih mendekap di papan pemantauan khusus. 

Di sisi lain, saham TLDN emiten kelapa sawit yang terafiliasi dengan Widiyanti juga melejit 16,94% ke level Rp580 per saham, melesat jauh dari harga rata-rata saham perusahaan tersebut yang berada di kisaran Rp450-an sepanjang tahun ini.

Asal tahu saja, Widiyanti saat ini menjabat sebagai Komisaris di Teladan Prima Agro (TLDN), sejak 2021. Dalam laporan tahunan TLDN 2023, ia juga menjabat sebagai komisaris di beberapa entitas anak TLDN dan menempati sejumlah posisi strategis lainnya, seperti Direktur PT Teladan Resources, PT Teladan Properties, dan PT Teladan Pusaka (sejak 2008).

Meskipun Widiyanti tidak memiliki saham langsung di TLDN, ia diketahui memiliki saham tidak langsung di PT Teladan Resources sebesar 8,14%. Meski demikian, ia belum memberikan keterangan yang jelas mengenai alasan kunjungannya ke kediaman Prabowo di Kertanegara awal pekan ini.

Yang pasti, pada Pilpres 2024, suaminya, Wishnu Wardhana, yang menjabat sebagai Direktur Utama TLDN, merupakan salah satu anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto. "Tadi saya hanya datang ke sini untuk memenuhi undangan, nanti biar Bapak yang menjelaskan ya, terima kasih," ujarnya kemarin di kediaman Prabowo. 

Sementara itu, terkait Erick Thohir, Pengamat politik Ujang Komaruddin menilai bahwa Prabowo memanggilnya karena dianggap sebagai pekerja keras dan loyal. "Subjektif Pak Prabowo selama lima tahun, Pak Erick Thohir dianggap baik dan bagus, makanya dipanggil kembali," ujarnya.

Apalagi, menurut Ujang, Prabowo dan Erick Thohir sudah lama bekerja sama dalam satu kabinet di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sebagai presiden terpilih, Prabowo memiliki hak prerogatif untuk menentukan posisi Erick dalam kabinetnya nantinya.