Tol Jakarta-Cikampek Source: PT Jasa Marga (persero) Tbk
Korporasi

Saham JSMR Stagnan Usai Caplok 10 Persen Saham SQIL di Tol CBK

  • Jasa Marga resmi melakukan pembelian saham SQIL di PT JKC sebesar 10%. Setelah pelaksanaan penandatanganan SPA, komposisi pemegang saham PT JKC saat ini yaitu sebesar 88,67% dimiliki PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang merupakan pemegang saham mayoritas, 11,01% dimiliki oleh PT Triputra Utama Selaras dan 0,32% dimiliki oleh PT Nindya Karya
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Jasa Marga) dan Synergy Quest International Limited (SQIL) secara resmi menandatangani Akta Jual Beli Saham atau Sales Purchase Agreement (SPA) untuk PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (PT JKC), anak usaha Jasa Marga yang mengelola Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran pada Senin (08/07). 

Dengan demikian, Jasa Marga resmi melakukan pembelian saham SQIL di PT JKC sebesar 10%. Setelah pelaksanaan penandatanganan SPA, komposisi pemegang saham PT JKC saat ini yaitu sebesar 88,67% dimiliki PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang merupakan pemegang saham mayoritas, 11,01% dimiliki oleh PT Triputra Utama Selaras dan 0,32% dimiliki oleh PT Nindya Karya. 

"Aksi korporasi ini merupakan bagian dari strategi korporasi yang dilakukan Jasa Marga melalui program asset recycling untuk mengoptimalkan portofolio bisnis, dalam rangka menyeimbangkan pertumbuhan dan menjaga kesinambungan bisnis perusahaan," kata Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dalam keterbukaan informasi, Selasa, 9 Juli 2024.

PT Jasamarga Kunciran Cengkareng merupakan pengelola Jalan Tol CengkarengBatuceper-Kunciran (CBK) sepanjang 14,19 KM. Jalan tol ini melewati Kota Tangerang yang merupakan dominasi wilayah sektor industri dan tempat tinggal, sehingga Jalan Tol CBK menjadi alternatif pilihan angkutan industri. 

Selain itu, Jalan Tol CBK juga memberikan kepastian waktu sehingga waktu tempuh menjadi lebih singkat dan biaya operasional kendaraan menjadi lebih hemat baik kepada penumpang Bandara Soekarno-Hatta maupun komuter Tangerang-Jakarta. Dengan adanya Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, saat ini pengguna jalan dari wilayah Bekasi, Bogor, Depok dan sekitarnya mempunyai jalur alternatif baru menuju Serpong, Tangerang hingga Bandara Soekarno - Hatta, Cengkareng, dengan melewati Jalan Tol JORR 2. 

Dengan adanya pengumuman akuisisi kemarin, saham JSMR tak menunjukkan pergerakan yang positif. Pada penutupan perdagangan (8/7), saat akuisisi diumumkan, JSMR justru terparkir di zona negatif dengan harga Rp5.250 per saham. Sementara hari ini, harga saham JSMR di akhir perdagangan juga masih di level Rp5.250.

Seharian ini, saham JSMR bergerak di rengan Rp5.200 sampai Rp5.475 selembar. 

Kinerja Kuartal I-2024

JSMR diketahui mencetak laba bersih senilai Rp585,9 miliar di kuartal I-2024. Di mana tumbuh 14,4 persen secara tahunan (YoY) dibanding 2023.

Adapun, nilai pendapatan usaha perseroan merupakan kontribusi dari kinerja pendapatan tol sebesar Rp3,92 triliun dan kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp293,88 miliar.

Lebih lanjut, konsolidasi kembali atas tiga ruas jalan tol transjawa yakni PT Jasamarga Semarang Batang, PT Jasamarga Solo Ngawi dan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri yang dilakukan sejak Juli 2023 juga turut mempengaruhi pencapaian positif Perseroan di periode ini.

Jasa Marga Group memiliki total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.264 KM yang merepresentasikan 47 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia serta total konsesi jalan tol yang dikelola oleh Perseroan mencapai 1.736 KM.

Jika dilihat dari sisi pengoperasian jalan tol baru, di awal Januari 2024, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, termasuk Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 KM yang dikelola oleh PT Cinere Serpong Jaya, yang termasuk dalam kelompok usaha Jasa Marga Group.

Saat ini, perseroan memiliki beberapa proyek yang tengah berjalan yaitu, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo, Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan dan Jalan Tol Akses Patimban.