Layar menampilkan pergerakan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis 12 Januari 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Bursa Saham

Saham Petrosea (PTRO) Menguat Usai Orang Kepercayaan Prajogo Pangestu jadi Komisaris-Direksi

  • Terdapat beberapa individu kepercayaan Prajogo Pangestu, pemilik PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), yang menjadi bagian dari susunan komisaris dan direksi baru di PTRO.
Bursa Saham
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Emiten jasa pertambangan PT Petrosea Tbk (PTRO) baru saja mengumumkan perubahan susunan komisaris-direksi usai melangsungkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin, 4 Desember 2023 kemarin. 

Hal yang menarik, terdapat beberapa individu kepercayaan Prajogo Pangestu, pemilik PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), yang menjadi bagian dari susunan komisaris dan direksi baru di PTRO. Langkah ini sejalan dengan rencana akuisisi 34% saham perusahaan oleh CUAN.

Tak ayal, pada pembukaan perdagangan sesi I Selasa, 5 Desember 2023, saham Petrosea dibuka menguat ke level Rp4,260 per saham dan pada pukul 10.37 WIB saham emiten berkodekan PTRO itu berada di level Rp5,250 per saham atau menguat 25%. 

Merujuk data IDX Mobile, frekuensi transaksi saham PTRO berada di angka level 15.200 ribu dengan volume saham yang diperdagangkan mencapai 32,1 juta lembar saham. Sementara itu, nilai transaksi (turnover) emiten unggas itu tembus Rp165 miliar, dengan market cap mencapai Rp5,2 triliun.

Berdasarkan rilis resmi perseroan tertanggal 4 Desember 2023 terkait hasil pelaksanaan RUPSLB, bahwa RUPSLB menyetujui perubahan susunan dewan komisaris dan direksi perseroan.

Adapun beberapa individu kepercayaan Prajogo Pangestu yang menjadi Komisaris dan Direksi PTRO adalah Erwin Ciputra kini menjabat sebagai Direktur Utama CUAN dan Michael menjabat sebagai CFO CUAN. Nah, berikut susunannya.

Komisaris

Komisaris Utama: Osman Sitorus

Komisaris: Ginandjar Kartasasmita

Komisaris: Djuhar Maulidi

Komisaris: Erwin Ciputra

Komisaris: Jend. Pol (Purn.) Sutanto

Komisaris: Setia Untung Arimuladi

Direksi

Direktur Utama: Michael

Direktur: Kartika Hendrawan

Direktur: Ruddy Santoso

Direktur: Meinar Kusumastuti

Direktur: Iman Darus Hikhman

Soal Akuisisi CUAN

Sebelumnya, melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia yang dipublikasikan pada 07 November 2023, Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) telah mengungkapkan informasi terbaru mengenai proses negosiasi yang sedang dilakukan oleh anak usahanya untuk mengakuisisi saham PT Petrosea Tbk (PTRO). 

Anak usaha tersebut adalah PT Kreasi Jasa Persada (KJP) yang pada waktu itu tengah dalam tahap negosiasi dan telah menandatangani perjanjian pengikatan jual beli (PPJB) terkait dengan rencana pembelian sebanyak 342.925.700 saham PTRO, atau setara dengan 34% kepemilikan dari PT Caraka Reksa Optima, perusahaan milik Haji Romo Nitiyudo Wachjo atau Haji Robert.Top of Form

“Setelah transaksi diselesaikan, KJP akan menjadi pengendali baru dari PTRO dan PTRO kemudian akan menjadi salah satu anak usaha perseroan,” jelas Direktur Utama CUAN, Michael dalam keterbukaan informasi.

Dijelaskannya bahwa maksud dari transaksi tersebut adalah untuk memperkaya aset KJP dan Petrindo Jaya secara tidak langsung, meluaskan cakupan jaringan usaha, dan merupakan bagian integral dari strategi pengembangan bisnis jangka panjang Grup Petrindo, dengan tujuan menjadi perusahaan pertambangan dan jasa pertambangan yang terintegrasi.