Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Kamis 16 Maret 2023. Hari ini (17/3) IHSG dibuka menguat 49,65 poin atau 0,76 persen ke posisi 6.615,3. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 9,87 poin atau 1,09 persen ke posisi 917,3. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Bursa Saham

Saham PTMP Anjlok Usai Terdepak dari LQ45 dan IDX80

  • Secara (year-to-date/ytd) saham PT Mitra Pack (PTMP) telah mengalami pelemahan di atas 30%.
Bursa Saham
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Harga saham kemasan PT Mitra Pack Tbk (PTMP) terpantau anjlok kurang lebih 10% usai Bursa Efek Indonesia mendepaknya dari Indeks LQ45 dan IDX80 untuk periode periode 2 Mei – 31 Juli 2024.  

Data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 09.24 WIB, saham PTMP anjlok 10% ke level Rp126 per saham. Nilai transaksi emiten ini tercatat di level Rp1,62 miliar dan volume perdagangan 12,75 juta saham.

Pada perdagangan kemarin, saham PTMP ditutup dengan pelemahan 7,28% ke level Rp140 per saham. Mengacu data perdagangan satu minggu terakhir dan sepanjang tahun ini, nilai emiten yang bergerak di industri pengemasan ini masing-masing melemah di angka 6,04% dan 30,69%. 

Sebagai informasi, PTMP berhasil menjadi konstituen indeks LQ45 dan IDX80 periode 1 Februari hingga 31 Juli 2024. Namun, periode tersebut berubah seiring BEI membuat kebijakan evaluasi mayor seluruh indeks saham sebanyak tiga bulan sekali. 

Diberitakan sebelumnya, BEI melakukan evaluasi mayor terhadap konstituen LQ45 dan IDX80 salah satunya yang terlempar PTMP. Meski begitu, saham PTMP tetap masuk indeks Kompas100 periode 2 Mei – 31 Juli 2024. 

Kriteria Keluar Masuk

Evaluasi mayor untuk indeks-indeks IDX30, LQ45, dan IDX80 akan dilakukan empat kali setahun, yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober, mulai bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Ini merupakan perubahan dari sebelumnya yang dilakukan hanya dua kali setahun.

Penyesuaian kriteria dilakukan terhadap Indeks IDX80, LQ45, dan IDX30 berdasarkan Pengumuman BEI Nomor Peng-00058/BEI.POP/03-2024 tanggal 27 Maret 2024. Penyesuaian terdiri dari dua aspek utama, yaitu periode evaluasi dan kriteria universe dari indeks-indeks tersebut.

Pertama, evaluasi mayor yang sebelumnya hanya dilakukan dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli, kini akan dilakukan empat kali setahun pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober, dengan periode efektif bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.

Kedua, kriteria universe Indeks IDX80 mengalami penambahan, termasuk syarat tidak pernah disuspensi dan selalu ditransaksikan setiap hari dalam enam bulan terakhir, memiliki kapitalisasi pasar free float di atas batasan yang ditentukan oleh BEI, serta memiliki minimum rasio free float sebesar 10 persen.

Penyesuaian ini akan berlaku pada evaluasi mayor April 2024 dan efektif pada hari bursa pertama bulan Mei 2024, kecuali ketentuan mengenai minimum rasio free float yang akan berlaku pada evaluasi mayor Oktober 2024 dan efektif pada hari bursa pertama bulan November 2024.

Tentang PTMP 

Berdasarkan laporan tahunan perusahaan, PTMP fokus pada perdagangan barang-barang industri di sektor pengemasan, termasuk layanan coding, marking, dan labelling serta perlengkapannya, serta pemeriksaan produk seperti detektor logam, sistem inspeksi sinar-X, check-weigher, dan pengemasan makanan.

Mitra Pack juga menyediakan suku cadang dan layanan purna jual kepada pelanggan, terutama untuk mesin coding & marking serta perangkat pendukungnya, sebagai distributor resmi dari Markem-Imaje. 

Di sisi lain, dalam hal Solusi Pemeriksaan Produk, perusahaan ini bertindak sebagai agen resmi dari Thermo Fisher Scientific (USA). Operasional Mitra Pack berpusat di Tangerang, yang juga berfungsi sebagai pusat gudang, ruang demonstrasi peralatan, dan pusat layanan. 

Perusahaan juga memiliki kantor cabang untuk penjualan dan layanan di Semarang dan Surabaya.