Karyawan berkatifitas dengan latar layar monitor pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, 8 September 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

Saham Radiant Utama Interinsco (RUIS) Melesat 24,32 Persen, BEI Tetapkan Status UMA

  • Bursa Efek Indonesia (BEI) awasi PT Radiant Utama Interinsco Tbk (RUIS) terkait penguatan harga saham yang luar biasa pada perdangangan Senin, 11 September 2023.
Pasar Modal
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Saham PT Radiant Utama Interinsco Tbk (RUIS) berada dalam penguatan harga saham yang luar biasa pada perdangangan Senin, 11 September 2023. Pergerakan itu membuat Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan Unusual Market Activity (UMA).

Sebagai informasi, UMA adalah adanya aktivitas perdagangan atau perubahan harga efek yang tidak biasa pada kurun waktu tertentu. Hal ini ditandai dengan adanya kenaikan atau penurunan harga yang tidak wajar senilai puluhan persen atau bahkan ratusan persen dalam kurun waktu beberapa hari. 

Merujuk TradingView, 12 September 2023, harga saham RUIS, emiten di bidang industri minyak dan gas menunjukan pergerakan yang melesat signifikan sebesar 24,32% atau naik ke level 276 pada perdagangan kemarin. Bahkan, satu pekan terakhir, saham ini juga menguat 38,00%, dan selama satu bulan ini, menguat 44,50%.

"Dengan ini kami menginformasikan adanya peningkatan harga saham RUIS yang di luar kebiasaan yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity)," tulis keterangan BEI. 

Kendati begitu, pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan dibidang Pasar Modal. Informasi terakhir mengenai RUIS adalah informasi tanggal 8 September 2023 yang dipublikasikan melalui website BEI tentang Laporan Informasi atau Fakta Material Data Hutang/Kewajiban dalam Valuta Asing periode Agustus 2023.

"Sehubungan dengan terjadinya Unusual Market Activity atas saham RUIS tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini," papar BEI. 

Oleh karena itu, BEI mengimbau para investor untuk memperhatikan jawaban Perusahaan Tercatat atas permintaan konfirmasi Bursa, mencermati kinerja Perusahaan Tercatat dan keterbukaan informasinya, mengkaji kembali rencana corporate action Perusahaan Tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Kinerja Semester I-2023

Pada semester I-2023, RUIS dan entitas anak perusahaan membukukan laba bersih Rp9,22 miliar. Namun, pencapaian itu terpangkas 41,3% secara tahunan dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai Rp15,72 miliar.  

Akibatnya, laba bersih per saham emiten penunjang industri minyak dan gas itu, turun menjadi Rp11,98 per saham dari yang sebelumnya Rp20,42 per saham. 

Kendati demikian, pendapatan RUIS naik 1% mencapai Rp833,02 miliar, dikontribusikan utama oleh jasa pendukung operasi senilai Rp524,83 miliar. Adapun jasa agensi dan kegiatan lepas pantai menyumbang pemasukan senilai Rp207,32 miliar, diikuti jasa inspeksi Rp87,41 miliar, dan lainnya Rp13,45 miliar.

Diketahui, dua pelanggan utama RUIS datang dari PT Pertamina Hulu Mahakam yang memberi pemasukan Rp151,21 miliar, dan Medco Energi (Madura Offshore) Pty Ltd senilai Rp147,93 miliar.