PT Segar Kumala Indonesia Tbk (BUAH) berencana melakukan pembagian dividen kepada pemegang saham dengan usulan mencapai level Rp23 per saham.
Korporasi

Saham Segar Kumala (BUAH) Menguat Usai Targetkan Penjualan 2023 Tembus Rp1,8 Triliun

  • Saham BUAH menguat 10 level usai manajemen mengumumkan target penjualan Rp1,8 triliun dan laba bersih Rp33,4 miliar pada 2023.
Korporasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Saham emiten distributor buah-buahan dan sayuran PT Segar Kumala Indonesia Tbk (BUAH) menguat usai manajemen mengumumkan target penjualan Rp1,8 triliun dan laba bersih Rp33,4 miliar pada 2023.  

Berdasarkan data IDX Mobile pada Senin, 27 November 2023, pukul 11.33 WIB, tercatat bahwa harga saham BUAH mengalami kenaikan sebanyak 10 level, mencapai Rp1.925 per saham dari harga pembukaan perdagangan sebesar Rp1.915 per saham. 

Adapun rentang harga perdagangan saham BUAH pada hari ini berada di angka Rp1.905 hingga Rp1.930 per saham. Di sisi lain, jika ditarik mundur 3 bulan terakhir, saham BUAH telah mengalami lonjakan sebesar 35,09% dari titik terendahnya, yang berada di level Rp1.375 per saham.

Sebelumnya melalui keterangan resmi yang dipublikasikan pada Minggu, 26 September 2023, Corporate Secretary BUAH Syanne mengatakan jelang akhir tahun 2023 ini perseroan optimis permintaan pasar akan terus meningkat sehingga penjualan sesuai denga target. Terlebih, lanjut dia, adanya peringatan hari raya di akhir tahun diharapkan mampu mendorong permintaan pasar.

“BUAH juga terus menambah varian buah seperti apel, pear, jeruk, kemudian buah–buah eksotik seperti cherry & strawberry yang memiliki permintaan tinggi dipasaran pada periode akhir tahun,” tulis Syanne dikutip pada Senin, 27 November 2023. 

Syanne memaparkan bahwa BUAH telah memiliki 13 cabang atau cold storage yang telah tersebar dari wilayah barat hingga timur Indonesia. Mulai dari wilayah Aceh, Medan, Bangka, Jakarta, Yogayakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Kendari, Palu, Manado, Bali & Ambon 

Ia menyebut total kapasitas penyimpanan yang terbagi di beberapa wilayah tersebut telah mencapai 5.205 Ton serta didukung oleh 81 unitarmada mobil berpendingin untuk memaksimalkan operasional perseroan.

Syanne mengatakan, saat ini BUAH tengah mempersiapkan cabang ke -14 yang berlokasi di area Pulau Sumatera. “(Hal itu) diharapkan semakin memperkuat jaringan distribusi perseroan di wilayah barat Indonesia,” tambahnya. 

Kinerja BUAH Kuartal III-2023

Asal tahu saja, sepanjang kuartal III-2023, BUAH berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp1,3 triliun. Nominal tersebut meningkat sebesar 42% secaara tahunan dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya 

Alhasil, lanjut Syanne, hal tersebut sangat berdampak positif terhadap laba bersih BUAH pada kuartal III-2023 mencapai Rp26 miliar. Laba bersih tersebut juga meningkat 28% secara tahunan dibandingkan kuartal yang sama tahun 2022. 

Atas pencapain itu, BUAH memperkirakan jumlah penjualan telah mencapai 74,39% dari yang ditargetkan perseroan. Sedangkan dari sisi laba, diperkirakan telah mencapat 77,9% dari target laba perseroan untuk tahun ini.

Syanne menambahkan, dari sisi Capital Expenditure (Capex) atau belanja modal BUAH, telah menyisakan Rp 5,7 miliar dari total Rp 16 miliar yang dianggarkan perseroan pada kuartal III-2023.

“Tak henti juga, kami selalu berterima kasih kepada para shareholder yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan kepada kami sehingga BUAH bisa terus bertumbuh dan memaksimalkan potensi hingga saat ini,” tutup Syanne.