<p>Ilustrasi Apple Event 15 September 2020 / Aragonresearch.com</p>

Saingan Samsung Fold, Apple Bakal Luncurkan iPhone Lipat pada 2023

  • Salah satu produsen gawai terbesar dunia Apple diprediksi akan meluncurkan IPhone lipat dengan layar yang lebih besar dari Ipad Mini pada 2023.

Mochammad Ade Pamungkas

Mochammad Ade Pamungkas

Author

JAKARTA- Salah satu produsen gawai terbesar dunia Apple Inc disebut akan meluncurkan iPhone lipat dengan layar yang lebih besar dari Ipad Mini pada 2023.

Analis TFI Securities Ming-Chi Kuo menyampaikan prediksi tersebut bedasarkan survei industri pada Selasa, 4 Mei 2021.

Ia yakin penjualan iPhone lipat dapat mencapai 15 juta hingga 20 juta unit pada 2023. Model baru tersebut akan memiliki layar 8 inci, sedikit lebih besar dari iPad Mini yang memiliki layar 7,9 inci.

Menurutnya, produsen gawai memiliki keharusan untuk mengusung model smartphone yang dapat dilipat di masa mendatang.

“Setelah 5G, smartphone lipat adalah titik penjualan inovatif berikutnya dari model high-end,” ujar Ming Chi Kuo dikutip dari CNBC Internasional.

Kuo yakin jika Apple dapat memimpin tren gawai lipat yang dapat mengaburkan segmen produk antara smartphone, tablet, dan laptop.

Meskipun demikian, Apple belum bersedia memberikan komentar langsung terkait hal tersebut.

Mengutip dari laman Bussiness Insider, produk gawai lipat Android sudah masuk pasaran sejak 2020. Samsung, Huawei, dan Motorola ialah beberapa produsen gawal lipat utama.

Produsen smartphone android asal Korea Selatan Samsung menguasai pasar gawai lipat hingga 88% sepanjang 2020.

Institusi pelacak rantai pasokan dunia, Display Supply Chain Consultants (DSCC) mencatat model Galaksi Samsung Z Flip dan Z Fold 2 merupakan produk gawai lipat yang paling laris di pasaran. (LRD)