Industri

Saingi Duo Raize dan Rocky, Honda Luncurkan Mobil Compact SUV Bernama WR-V

  • Mobil yang akan berhadapan langsung dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ini dibanderol mulai dari Rp271,9 juta untuk tipe E CVT, kemudian tipe RS CVT dengan harga Rp289,9 juta dan kasta tertinggi, RS CVT with Honda Sensing dibanderol dengan harga Rp309,9 juta.
Industri
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi merilis mobil baru bernama WR-V untuk turut menyemarakkan pasar compact SUV di tanah air. 

Mobil yang akan berhadapan langsung dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ini dibanderol mulai dari Rp271,9 juta untuk tipe E CVT, kemudian tipe RS CVT dengan harga Rp289,9 juta dan kasta tertinggi, RS CVT with Honda Sensing dibanderol dengan harga Rp309,9 juta.

President Director HPM, Kotaro Shimizu mengatakan mobil ini sempat diluncurkan versi purwa rupanya pada tahun lalu dan dipamerkan di beberapa kota seperti Semarang, Malang, Mojokerto dan Surabaya.

“Tanggapan masyarakat sangat antusias, wow, kata mereka. Ada bagian dari konsep mobil ini yang diadopsi di Honda HRV yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu,” kata dia di sela world premiere secara hybrid, Rabu, 2 November 2022.

Sebagai anggota keluarga terbaru dari jajaran SUV Honda seperti CRV, HRV, BRV, WR-V memiliki ukuran lebih kompak dengan desain lebih sporty sesuai selera masyarakat Indonesia.

WRV sendiri memiliki filosofi winning roundabout vehicle, atau wheels to win, yang artinya pememang baik dari sisi desain yang sporty, tenaga, ground clearance yang lebih tinggi, serta keamanan dan teknologi yang lebih maju.

Pihak HPM menargetkan jagoan baru mereka ini akan dipesan hingga 30.000 unit per tahunnya. Adapun platform yang digunakan mobil ini sama dengan Honda BR-V dengan mesin 1.500c. Pemilihan kapasitas mesin tersebut setelah melakukan berbagai studi, mulai dari alam dan kondisi jalanan.

"Kita lakukan studi, itu sangat cocok dengan kebutuhan alam dan konsumen, Infrastruktur jalanan bergelombang, genangan, naik, itu distudi R&D Thailand, apa yang dibutuhkan konsumen Indonesia," tambah Kotaro.

Jika dibandingkan dengan saingannya, yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, mesin di mobil ini memiliki kapasitas lebih besar. Harganya pun berbeda, Harga Raize mulai dari Rp232,4 juta hingga Rp301,9 juta. Sementara harga Rocky Rp205,2 juta sampai Rp270,1 juta.