space x.jpeg
Tekno

Saingi Starlink Spacex, Eropa Siap Meluncurkan Megakonstelasi Satelit Sendiri

  • Eropa bermaksud untuk bersaing dengan SpaceX milik Elon Musk. Mereka dilaporkan berencana untuk meluncurkan megakonstelasi satelitnya sendiri.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

PARIS-Eropa bermaksud untuk bersaing dengan SpaceX milik Elon Musk. Mereka dilaporkan berencana untuk meluncurkan megakonstelasi satelitnya sendiri.

Konstelasi Eropa yang akan memberikan konektivitas internet dari orbit rendah Bumi dan menyerupai megakonstelasi Starlink SpaceX yang kontroversial saat ini sedang direncanakan.

Space.com melaporkan Senin 8 Mei 2023, untuk bersaing dengan sistem Starlink SpaceX, konstelasi satelit yang diusulkan akan menerima tawaran dari banyak perusahaan ruang angkasa dan telekomunikasi paling signifikan di Eropa. Proyek ini akan melibatkan berbagai perusahaan  besar. Mereka termasuk Airbus Defense and Space, Eutelsat, SES, dan Thales Alenia Space.

Konstelasi Infrastruktur untuk Ketahanan, Interkonektivitas, dan Keamanan oleh Satelit atau Resilience, Interconnectivity, and Security by Satellite (IRIS2) yang diluncurkan pada akhir 2022. Teknologi ini akan menawarkan konektivitas internet Uni Eropa dari orbit rendah Bumi.

Uni Eropa saat ini memperkirakan biaya IRIS2 sekitar US$6,6 miliar atau sekitar Rp97 triliun (kurs Rp14.700). Konstelasi yang diproyeksikan dapat beroperasi pada tahun 2027.

Menurut Thierry Breton, komisaris Uni Eropa untuk pasar internal, IRIS2 menyiapkan ruang sebagai vektor otonomi, konektivitas, dan ketahanan Eropa. Ini memperkuat posisi Eropa sebagai kekuatan luar angkasa yang nyata dengan tujuan dan tujuan yang berbeda.

Megakonstelasi yang diusulkan, menurut oligopoli komunikasi Deutsche Telekom, Hispasat, OHB, Orange, Hisdesat, dan Telespazio, akan menarik para pemula di sektor luar angkasa Eropa untuk bergabung. Ini memenuhi aspirasi Breton, yang telah menyatakan keinginan untuk memperluas industri luar angkasa komersial Eropa dan telah mengungkapkan harapan bahwa perusahaan rintisan akan membangun 30% infrastruktur IRIS2.

Apa Itu Megakonstelasi Satelit

Megakonstelasi sateit adalah kumpulan satelit buatan yang bekerja serempak untuk menutupi sebagian besar planet atau bahkan seluruh daratan. 

Menurut AnalyticsSteps, megakonstelasi ini terletak di atmosfer luar planet dan terhubung satu sama lain menggunakan teknologi komunikasi antar satelit untuk menyediakan jangkauan komunikasi di seluruh dunia.

Konstelasi satelit orbit rendah bumi akan berada sekitar ketinggian 2000 km. Meskipun ide konstelasi satelit masif telah populer sejak tahun 1990-an, baru pada abad ke-21 konstelasi dibangun di orbit.

Megakonstelasi satelit akan mendapatkan popularitas di tahun-tahun mendatang, berada di rongga ruang angkasa yang sudah penuh sesak dengan konstelasi semacam itu.