<p>Live Science</p>
Gaya Hidup

Salju Langka Membuat Situs Kuno Athena Jadi Mempesona

  • ATHENA-Cuaca yang tidak biasa menyelimuti Acropolis Athena dengan salju pada hari Selasa 16 Februari 2021. Salju ini mengubah situs ikonik di Athena menjadi pemandangan indah. Foto udara dari sisi utara kompleks yang bertengger di bukit berbenteng di atas Athena menunjukkan Parthenon dengan latar belakang putih. Erechtheum yang lebih kecil, sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

ATHENA-Cuaca yang tidak biasa menyelimuti Acropolis Athena dengan salju pada hari Selasa 16 Februari 2021. Salju ini mengubah situs ikonik di Athena menjadi pemandangan indah.

Foto udara dari sisi utara kompleks yang bertengger di bukit berbenteng di atas Athena menunjukkan Parthenon dengan latar belakang putih. Erechtheum yang lebih kecil, sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa Athena dan Poseidon, juga terlihat.

Salju adalah pemandangan langka di Athena, tetapi sebagian besar Eropa telah mengalami suhu yang sangat dingin dalam seminggu terakhir. Menurut Associated Press, pekerja di Menara Eiffel Prancis harus menggunakan las untuk mencairkan es yang menyelimuti monumen itu.

Badai salju yang signifikan juga melanda Inggris dan sebagian besar Eropa Timur karena serangkaian sistem bertekanan rendah membawa udara dingin Arktik ke selatan, di mana ia bertabrakan dengan udara yang lebih lembab dan hangat di seluruh benua.

Di Athena, sebagaimana ditulis Live Science, beberapa penduduk berurusan dengan pemadaman listrik dan penutupan transportasi umum karena hujan salju lebat yang turun.

Menurut data UNESCO, lereng bukit alami Acropolis telah dibentengi setidaknya sejak abad ke-13 SM, ketika puncak bukit tersebut menjadi situs rumah penguasa Mycenaean.  Kuil-kuil elegan yang masih berdiri sampai sekarang dibangun pada abad kelima SM.

Parthenon dibangun sebagai perayaan kemenangan Yunani atas Persia yang menginvasi pada 480 SM dan menghancurkan kuil sebelumnya yang pernah berdiri di tempat yang sama. Selain Erechtheum, Situs Warisan Dunia UNESCO juga mencakup gerbang monumental yang dikenal sebagai Propylaea dan Kuil Nike Athena, sebuah bangunan kecil di sudut barat daya bukit.

Salju di Acropolis pasti akan mencair dengan cepat. Suhu di Athena diperkirakan mencapai 3 derajat Celcius pada Selasa 16 Februari, dengan suhu sekitar 15 derajat Celcius selama akhir pekan. Suhu Februari di Athena rata-rata sekitar 14 derajat Celcius sebagai yang tertinggi dengan terendah sekitar 6 derajat Celcius.