Industri

Sama-Sama Diakuisisi Investor Amerika, Ini Beda Skema Pembelian AC Milan Dan Chelsea FC

  • Dalam jangka panjang, AC Milan dan Chelsea FC akan sama-sama menghargai nilainya. Tapi klub Italia lah kemungkinan akan melakukannya jauh lebih cepat
Industri
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -Perusahaan investasi berbasis di New York, Redbird Capital Partners baru saja mengakuisisi klub sepak bola Italia, AC Milan senilai US$1.28 miliar atau setara Rp18,5 triliun (Kurs Rp14.438 per dolar AS) dari investor saat ini Elliott Management.

Dengan transaksi yang diharapkan selesai paling lambat September 2022 ini, Redbird akan menjadi pemegang saham pengendali baru AC Milan, dengan menyisakan Elliot Management sebagai pemegang saham minor sebesar 30% saja.

Menariknya, belum lama ini perusahaan investasi berbasis California, Todd Boehly dan Clearlake Capital juga mengakuisisi klub sepak bola Inggris, Chelsea FC seharga US$4,25 miliar atau Rp61,4 triliun dari investor awal, Roman Abramovich.

Forbes menyebut transaksi pembelian AC Milan oleh Redbird sebagai penawaran yang lebih baik dibandingkan pembelian Chelsea FC oleh Todd Boehly. Salah satu alasannya, Elliott sebagai pemegang saham minoritas AC Milan meminjamkan uang kepada RedBird untuk dijual dengan tingkat bunga sebesar 15 persen.

“Dalam jangka panjang, AC Milan dan Chelsea FC akan sama-sama menghargai nilainya. Tapi klub Italia lah kemungkinan akan melakukannya jauh lebih cepat," tulis Forbes dikutip Sabtu, 4 Juni 2022.

Pinjaman yang dimaksud berkisar antara Rp3 triliun hingga Rp4 triliun dari total nilai transaksi dengan bunga 6%. Meski pinjaman vendor ini bukanlah hal baru di bisnis ini, namun memberikan keleluasaan bagi Redbird untuk menyebar biaya operasi.

Pinjaman vendor ini merupakan pembayaran tertunda bagi RedBird dan karena nya ia tidak perlu menerima pembiayaan apa pun dari bank. Redbird hanya menggunakan jasa JP Morgan dan Bank of America Merill Lynch sebagai penasihat keuangan.

Di sisi lain, meski statusnya sebagai pemegang saham minoritas, Elliott akan menerima bonus jika RedBird menjual Milan dengan harga lebih tinggi di kemudian hari.

RedBird sendiri memiliki sejarah apik dalam meningkatkan nilai klub sepak bola, setelah membeli klub sepak bola Perancis, Toulouse FC dua tahun lalu seharga US$20 juta. Tim tersebut saat ini ditaksir bernilai US$80 juta setelah promosi berturut-turut.

Saat ini Chelsea FC yang juga dibiayai bertahun-tahun oleh Abramovich memang lebih menguntungkan dari pada AC Milan. Adapun Rossoneri, julukan AC Milan, telah membiayai diri sendiri di bawah Elliott dalam empat tahun terakhir serta berhasil menyeimbangkan pembukuan ,enjadi lebih sehat dan terbebas dari utang.