Salah satu kendaraan  milik SIMS
Korporasi

Samindo Resources (MYOH) Beri Utang Anak Usaha Rp100 Miliar

  • PT Samindo Resources Tbk (MYOH) mengumumkan pemberian fasilitas pinjaman senilai Rp100 miliar kepada entitas anak perseroan bernama PT Sims Jaya Kaltim (SIMS) dengan kepemilikan saham 99%.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Emiten pertambangan PT Samindo Resources Tbk (MYOH) mengumumkan pemberian fasilitas pinjaman senilai Rp100 miliar kepada entitas anak perseroan bernama PT Sims Jaya Kaltim (SIMS) dengan kepemilikan saham 99%.

Transaksi tersebut dilaksanakan pada Rabu, 11 Mei 2022 dengan bunga pinjaman sebesar 6% per tahun. Adapun transaksi tersebut dilakukan guna memenuhi likuiditas anak usaha perseroan dalam melakukan kegiatan operasionalnya.

SIMS sendiri merupakan perusahaan yang melaksanakan kegiatan usaha dalam bidang jasa kontraktor pertambangan umum dan pemeliharaan peralatan berat pertambangan, meliputi, penggalian hasil pertambangan, pengangkutan hasil pertambangan, penumpukan hasil pertambangan, pemeliharaan alat-alat berat pertambangan, mengimpor barang modal untuk keperluan investasi, dan memasarkan hasil pertambangan baik di wilayah Indonesia maupun ke luar negeri.

Sekretaris Samindo Resources Ahmad Zaki Natsir mengungkapkan, transaksi yang dilakukan ini tidak wajib menggunakan penilaian karena transaksi tersebut termasuk dalam transaksi afiliasi dengan kepemilikan saham 99%.

"Perseroan tidak wajib menggunakan penilai dan memperoleh persetujuan pemegang saham independen, karena hal ini merupakan transaksi afiliasi perusahaan terbuka dengan kepemilikan saham paling sedikit 99 persen, maka MYOH cukup mengumumkan di keterbukaan informasi kepada masyarakat dan melaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), " kata Ahmad dalam keterangan resmi, Kamis, 12 Mei 2022.

Sementara itu, saham MYOH terkoreksi cukup dalam sebesar 1,37% atau 25 poin ke level harga Rp1.805 per saham pada akhir sesi perdagangan Kamis, 12 Mei 2022. Koreksi saham MYOH beriringan dengan pelemahan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencapai 3,17% menuju level 6.699.