Ilustrasi PT Samudera Indonesia Tbk
Korporasi

Samudera Indonesia (SMDR) Kembali Akuisisi LNG EW, Kepemilikan Jadi 50 Persen

  • LNG-EW saat ini mengoperasikan kapal tanker LNG yang melayani kebutuhan distribusi LNG yang berasal dari Indonesia ke pasar ekspor maupun juga kebutuhan distribusi LNG di dalam negeri.
Korporasi
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) lewat anak usahanya, Samudera Shipping Line Ltd, telah melakukan akuisisi 25% saham LNG East-West Shipping Company (LNG-EW) dari mitra joint venture-nya yaitu Nippon Yusen Kabushiki Kaisha (NYK) Japan.

Sebelumnya, Samudera telah memiliki 25% saham LNG-EW, dengan akuisisi ini porsi kepemilikan Samudera meningkat menjadi 50%. Sehingga kepemilikan LNG-EW menjadi masing-masing 50% dimiliki oleh Samudera & NYK.

Direktur Utama Samudera Indonesia Bani M. Mulia mengatakan di tengah kondisi perekonomian dunia yang mendukung produsen liquefied natural gas (LNG), perusahaan mengambil langkah strategis untuk meraih peluang pertumbuhan.

"Dunia saat ini semakin membutuhkan LNG, Indonesia memiliki peranan strategis sebagai negara penghasil dan pengekspor LNG yang memiliki hubungan baik dengan mitra dagangnya di dunia. Peningkatan investasi Samudera di kapal LNG membuat kami semakin optimis dalam meraih peluang dan pertumbuhan di tahun-tahun mendatang,” kata dia dalam website resmi, dikutip Kamis, 15 Desember 2022.

Tambahan informasi, LNG-EW saat ini mengoperasikan kapal tanker LNG yang melayani kebutuhan distribusi LNG yang berasal dari Indonesia ke pasar ekspor maupun juga kebutuhan distribusi LNG di dalam negeri.