Nasional

Sandiaga Uno Ajak Ribuan Delegasi Dunia Kunjungi 5 Destinasi Wisata di Bali

  • Menparekraf Sandiaga Uno bersama ribuan delegasi Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) akan mengunjungi lima lokasi wisata di Bali.
Nasional
Muhammad Heriyanto

Muhammad Heriyanto

Author

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama ribuan delegasi Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) akan mengunjungi lima lokasi wisata di Bali mulai hari ini, Jumat, 27 Mei 2022.

Lima lokasi ini yakni Desa Adat Panglipuran yang berada di Kabupaten Bangli, Pura Besakih di Kabupaten Karangasem serta Garuda Wisnu Kencana (GWK), Tanjung Benoa dan Ulu Watu yang berada di Kabupaten Badung.

“Ini merupakan kombinasi dari desa wisata berbasis adat, desa wisata terbersih di dunia yang menunjukkan bahwa pariwisata berbasis komunitas dan berkelanjutan, inilah yang diinginkan oleh dunia pascapandemi ini,” ujar Sandiaga dalam keterangan resminya, dikutip Jumat, 27 Mei 2022.

Pemilihan ini berdasarkan hasil pembicaraan dengan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali, studi lengkap dan masukan teman-teman dari Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB). Sementara itu, pemilihan GWK bertujuan untuk menghadirkan wisata buatan yang berbasis adat dan budaya. 

“Patung ini menggambarkan keluhuran budaya dan kemahiran pelaku industri pariwisata dan kreatif,” ujar Sandiaga.

Sandiaga akan menunjukkan ke para delegasi program pariwisata berkualitas dan berkelanjutan seperti desa wisata, pengendalian sampah di tempat wisata, program peralihan dari energi berbasis fosil ke renewable and new energy. Efisiensi penggunaan air dan pengurangan food waste.

Upaya itu bertujuan menunjukkan ke mata dunia bahwa pariwisata Indonesia ke depan yakni berbasis komunitas dan berbasis alam.

“Kearifan lokal bali ini tepat untuk mempersiapkan risk reduction dari future disaster,” ujar Sandiaga.

Data terbaru Travel and Tourism Development Index per 27 Mei 2022, Indonesia naik delapan peringkat dari posisi 40 ke posisi 32 dengan melampaui Thailand dan negara tetangga lainnya. Hal ini layak diapresiasi ditengah pandemi yang sedang dihadapi dan keterbatasan dana maupun program.

“Ini membuktikan strategi kita mendapatkan pengakuan dari dunia,” tegas Sandiaga.

Tahun ini dengan kebangkitan secara tertata dalam bingkai protokol kesehatan, Kemenparekraf bisa menambah 1,1 juta lapangan pekerjaan baru. Presiden Jokowi mengingatkan, pelaku pariwisata juga agar lebih berempati dengan keadaan ekonomi masyarakat bawah yang sedang dalam keadaan tidak baik.