Menparekraf Sandiaga Unu Tinjau Perhelatan Piala Presiden Esports 2021
Nasional

Sandiaga Uno: Game Development Berpotensi Kerek Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

  • Game development termasuk e-sport berpotensi menggerakan ekonomi nasional.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno meyakini salah satu subsektor dalam ekonomi kreatif yakni game development memiliki potensi serta prospektif yang baik pada 2022.

Sandiaga menyebutkan prospektif tersebut dapat memberikan peluang yang sangat baik untuk membangkitkan ekonomi serta membuka lapangan pekerjaan baru untuk tahun-tahun berikutnya.

Hal ini karena melihat Indonesia memiliki lebih dari 60 juta gamers dan akan terus bertumbuh setiap tahunnya.

“Tentunya ini harus kita jadikan sebagai suatu potensi, untuk Indonesia mengambil peran menuju ekonomi nomor empat terbesar dunia di tahun 2045,” ujar Sandiaga, dalam keterangan resmi, Minggu, 19 Desember 2021.

Oleh karenanya, pemerintah juga terus bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk berupaya dalam memberikan ruang aktualisasi bagi para pengembang e-sports yang ada di Indonesia, salah satunya dengan menyelenggarakan Piala Presiden Esposts 2021.

Selain itu, pemerintah juga terus berkomitmen untuk memperhatikan aspek-aspek lainnya yang mendukung perkembangan subsektor ekonomi kreatif tersebut, mulai  dari aspek sumber daya manusia, hingga aspek ekosistem dan industri yang juga melingkupinya.

Sinergi tersebut juga melibatkan beberapa lembaga lain di antaranya Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko marves), Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan beberapa lembaga lainnya.

Menparekaf juga menegaskan pihaknya akan turut andil dalam memberikan fasilitas dan pedampingan bagi game lokal yang mengikuti turnamen pada piala presiden e-sports 2021.

Turnamen Piala Presiden Esports 2021

Dari tujuh game yan dipertandingkan dalam piala presiden esports 2021, terdapat satu game asal Indonesia atau lokal. Game tersebut adalah Lokapala

“Lokapala ini adalah salah satu yang membanggakan kami, karena merupakan game lokal yang juga kami fasilitasi. Tapi ke depan, kami akan memberikan bantuan fasilitasi inkubasi pelatihan dan pendampingan bagi para developer game lokal,” ujar sandiaga dalam keterangan resmi.

Pihaknya juga memastikan bahwa gamer dan game-game lokal tersebut akan mendapatkan suatu sentuhan pemerintah yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu agar kemudian game tersebut juga bisa sukses seperti game global lainnya yakni PUBG, Mobile Legends dan Free Fire.