Revitalisasi Galeri MURI Diresmikan, Sandi Uno Kita Jangan Lupakan Akar Budaya.jpg
Gaya Hidup

Sandiaga Uno Resmikan Revitalisasi Galeri MURI

  • Menparekraf Sandiaga Uno meresmikan proyek Revitalisasi Galeri MURI di Jakarta pada Sabtu, 20 November 2021.
Gaya Hidup
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan proyek Revitalisasi Galeri MURI di Jakarta pada Sabtu, 20 November 2021.

Sandi Uno mengatakan, meski wajah Galeri MURI Jakarta telah berubah menjadi lebih modern, tetapi akar budaya sebagai bangsa tidak boleh dilupakan.

Dia berharap Galeri MURI bisa menjadi salah satu destinasi wisata metropolitan yang bisa memberikan ruang bagi pembelajaran dan pengalaman mengenal kebudayaan.

"Apresiasi saya sampaikan kepada pihak penyelenggara yaitu MURI Museum Rekor Dunia-Indonesia, sebagai lembaga pencatatan rekor pertama dan tertua di Indonesia yang sudah berumur 31 tahun," katanya dikutip dari keterangan resmi, Minggu, 21 November 2021.

Dia menyebut Galeri MURI telah mengimplementasikan konsep inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam pengembangan atau proyek revitalisasi.

Menurut dia, inovasi dengan memanfaatkan platform digital dalam promosi dan pengembangan MURI yang terus dilakukan.

Sementara untuk proses daptasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya serta kolaborasi melalui upaya kerja sama dengan seluruh unsur pentahelix (akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media).

"Revitalisasi Galeri MURI ini sangat menginspirasi, mudah-mudahan dengan adanya revitalisasi Galeri MURI ini juga bisa memacu semangat anak-anak bangsa untuk bisa tercatat dalam rekor MURI di berbagai bidang," harap Sandi Uno.

Dia lebih lanjut mengajak Museum Rekor Dunia-Indonesia untuk memperbarui kerja sama dengan Kemenparekraf dalam mengembangkan destinasi minat khusus seperti kekayaan dari desa wisata.

"Saya baru mengunjungi Kepulauan Kei (Maluku Tenggara) dan mereka menyebut sudah memiliki pantai dengan pasir terhalus di dunia. Nah ini tentunya kita ingin membuktikan itu dengan tercatatnya di MURI," katanya.

Sebagai menteri milenial, dia pun mengajak anak-anak muda untuk berkunjung ke Galeri MURI di Jakarta. Di Galeri MURI, wisatawan  bisa mendapatkan banyak informasi dari berbagai bidang seperti kesehatan, teknologi, industri, dan aset bangsa lainnya.

"Untuk anak-anak muda datang ke sini, pertama karena tempatnya keren banget, dan di sini juga tempatnya instagramable sekali. Di sini juga ada photobooth yang menyerupai kita sedang mendapatkan rekor MURI," ajaknya.