sorgum.jpg
BUMN

Sang Hyang Seri Berhasil Genjot Produksi Sorgum Jadi 3,5 Ton per Hektare

  • Rata rata hasil produksi sorgum di Indonesia mencapai 2 ton per hektar, angka tersebut masih berada di bawah rata-rata produksi dunia yang baru-baru ini mencapai 2,7 ton per hektare.

BUMN

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA -  PT Sang Hyang Seri,  bagian dari BUMN sektor pangan ID Food baru-baru ini berhasil mendongkrak hasil panen sorgum di Sukamandi. 

Hasil panen tersebut tidak hanya melampaui standar nasional, tetapi juga melampaui standar global, dengan capaian tingkat produksi sebesar 3,5 ton biji dan 35 ton batang per hektare.

Rata rata hasil produksi sorgum di Indonesia mencapai 2 ton per hektar, angka tersebut masih berada di bawah rata-rata produksi dunia yang baru-baru ini mencapai 2,7 ton per hektare. 

Sejalan dengan pencapaian Sang Hyang Seri dalam kualitas dan kuantitas hasil panen sorgum di Sukamandi, maka ada potensi besar untuk meningkatan produktivitas pertanian sorgum di tingkat nasional.

Meskipun demikian, penting bagi seluruh industri pertanian di Indonesia untuk bersama-sama menjajaki cara-cara baru dan terobosan teknologi guna meningkatkan produktivitas sorgum. 

Upaya kolaboratif antara pemerintah, perusahaan, dan petani dapat menjadi kunci untuk menghadapi tantangan tersebut. Investasi dalam penelitian dan pengembangan, pelatihan petani, dan penerapan teknologi pertanian yang canggih dapat menjadi langkah-langkah strategis untuk mengerek produktivitas sorgum di Indonesia.

Keberhasilan Sang Hyang Seri tersebut diawali oleh komitmen kuat perusahaan terhadap praktik pertanian terbaik dan pemilihan varietas unggul. Sang Hyang Seri juga berfokus pada aspek pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan petani.

Direktur Utama PT Sang Hyang Seri,  Adhi Cahyono Nugroho, menekankan bahwa pencapaian ini mencerminkan fokus perusahaan pada inovasi dan kontribusi positif terhadap ketahanan pangan nasional.

"Dengan hasil panen yang baik ini, kami semakin termotivasi untuk terus berinovasi dan berkontribusi pada ketahanan pangan nasional. Keberhasilan ini juga menjadi bukti nyata komitmen kami dalam mendukung petani dan menjaga keseimbangan lingkungan, karena SHS maju bersama Petani” ujar Adhi, dilansir siaran pers, Jumat, 12 Januari 2024.

Perusahaan berharap bahwa hasil panen yang mengesankan ini tidak hanya akan berkontribusi dalam pasokan pakan ternak dan bioenergi, tetapi juga akan menciptakan keseimbangan lingkungan yang lebih baik di Indonesia. 

Keberhasilan Sang Hyang Seri dalam sektor pertanian dianggap sebagai tonggak penting yang mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di tingkat nasional.