Bappeda Kukar bekerja sama dengan peneliti UGM wujudkan lumbung pangan.
Nasional

Sang Hyang Seri Pasok Benih Padi Kaya Nutrisi untuk 16.964 Hektare Lahan

  • Varietas Inpari IR Nutrizinc dikenal karena kandungan nutrisinya yang kaya, khususnya kandungan Zinc.

Nasional

Bintang Surya Laksana

JAKARTA - PT Sang Hyang Seri, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Klaster Pangan ID FOOD tercatat telah memasok benih padi kaya nutrisi Varietas Inpari IR Nutrizinc sebanyak 424 Ton untuk luasan lahan 16.964 hektar ke 8 Provinsi hingga Triwulan III Tahun 2023.

Varietas Inpari IR Nutrizinc dikenal karena kandungan nutrisinya yang kaya, khususnya kandungan Zinc yang lebih tinggi dibandingkan dengan varietas lainnya. Oleh karena itu, varietas ini dianggap sebagai salah satu solusi potensial untuk mengatasi masalah stunting pada anak-anak.

Suplai benih tersebut disalurkan langsung kepada petani yang telah diajukan oleh Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian Daerah melalui program E-Katalog Benih Padi yang dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). 

Provinsi-provinsi yang menerima pasokan benih tersebut antara lain Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTB, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

“Syukur Alhamdulillah hingga Triwulan III 2023 ini kami PT Sang Hyang Seri diberi amanah oleh para konsumen khususnya Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian daerah melalui program E-Katalog Benih Padi LKPP untuk memasok kebutuhan Benih Padi IR Nutrizinc ke 8 Provinsi di Indonesia,” ujar Direktur Utama PT Sang Hyang Seri, Adhi Cahyono Nugroho dalam keterangan resmi pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Melalui program tersebut, Adhi menyampaikan optimismenya bahwa pihaknya akan mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari para konsumen khususnya Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian Daerah. Hal tersebut didasari pada kepuasan para petani yang menggunakan produk benih padinya yang menurutnya dinilai cukup baik.

Adhi menyebutkan untuk memenuhi kebutuhan benih padi bantuan pemerintah melalui E-Katalog, PT Sang Hyang Seri tidak mendapatkan keuntungan sebagai BUMN, melainkan murni bersaing dengan para produsen lain yang terdaftar pada e-Katalog Benih Padi Kementan. Dalam hal harga, kualitas, pelayanan, maupun kemampuan distribusi ke titik-titik yang dibutuhkan oleh kelompok tani, Sang Hyang Seri dinilai memiliki reputasi yang kuat dan dapat diandalkan untuk memasok benih ke berbagai daerah di Indonesia.