Tekno

Sangat Cerdas dan Kuat, Babi Super Sedang Menyerang Amerika

  • Jenis babi super hybrid yang merupakan persilangan babi domestik dan babi hutan menjadi liar di Kanada.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

WASHINGTON- Jenis babi super hybrid yang merupakan persilangan babi domestik dan babi hutan menjadi liar di Kanada. Dan sekarang mereka mengarahkan pandangannya ke Amerika Serikat.

Awalnya disilangkan untuk membantu babi ternak tumbuh lebih besar dan mentolerir suhu dingin Kanada, penurunan pasar sekitar dua dekade lalu membuat beberapa petani membiarkan babi hybrid bebas. 

Menurut Field and Stream sekarang mereka berjalan sangat bebas. Babi super datang ke selatan, kemungkinan menuju ke Montana, North Dakota, Minnesota, dan Michigan.

“Bahwa mereka dapat bertahan hidup dalam iklim yang begitu dingin adalah salah satu kejutan besar dari masalah ini,” kata Ryan Brook, pemimpin Proyek Penelitian Babi Liar Universitas Saskatchewan Kanada kepada Field and Stream dan dikutip Popular Mechanics Rabu 22 Februari 2023.

Ketahanan dingin babi hibrida berarti mereka bertahan hidup dengan baik. Itu berarti spesies asli lainnya tidak. 

“Babi liar memakan apa saja. Mereka melahap berton-ton gosling dan bebek di musim semi. Mereka dapat mengalahkan rusa ekor putih, bahkan rusa dewasa. Awalnya, itu seperti 'wow, ini adalah sesuatu yang bisa kita buru.' Tapi menjadi jelas bahwa mereka mengancam rusa whitetail, elk, dan terutama unggas air. Belum lagi kerusakan tanaman. Kerugiannya lebih besar daripada manfaat apa pun yang mungkin dimiliki babi hutan sebagai spesies yang dapat diburu,” kata Brook 

Babi super telah melintasi perbatasan internasional, masuk ke setidaknya Dakota Utara.  Babi super telah mahir dalam menangkis pemburu rekreasional, kadang-kadang dengan seluruh sounder. Ini adalah istilah untuk sekelompok babi, umumnya dipimpin oleh babi betina dewasa yang aktif di malam hari untuk menghindari perburuan. Di lain waktu, sounder akan menyebar membuat mereka lebih sulit ditemukan, atau mengubah polanya dan mundur ke hutan atau lahan basah.

Strategi terbaik untuk menguasai babi super adalah menggunakan konsep Judas Pig, yang mengikatkan kalung GPS ke babi untuk mengarahkan petugas  ke babi lain.