165751991562cbbf2b09029.jpeg
Dunia

Sapi Dianggap Hewan Suci, Lalu Bagaimana Perayaan Iduladha di India?

  • JAKARTA - Sapi dalam budaya India dianggap sebagai hewan suci. Selama berabad-abad, sapi dianggap sebagai hewan suci oleh mayoritas penduduk Hindu di India.Dila
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Sapi dalam budaya India dianggap sebagai hewan suci. Selama berabad-abad, sapi dianggap sebagai hewan suci oleh mayoritas penduduk Hindu di India.

Dilansir dari berbagai sumber, sapi dianggap sebagai hewan suci karena digambarkan sebagai wujud atau lambang Ibu Pertiwi yang memberikan kesejahteraan di bumi. Sehingga umat Hindu diajarkan untuk tidak menyembelih dan memakan daging sapi. 

Iduladha adalah salah satu hari besar keagamaan yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Perayaan Idul Adha dilakukan dalam rangka memperingati dan menghormati kesediaan Nabi Ibrahim (AS) untuk mengorbankan putranya  Nabi Ismail (AS). 

Ibadah ini kemudian diteruskan umat Muslim dengan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kerbau, kambing, domba, hingga unta. Daging kurban kemudian dibagi menjadi tiga bagian yaitu satu disimpan untuk orang itu sendiri, satu untuk kerabatnya, dan satu untuk orang miskin dan kurang mampu.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduknya memeluk agama Hindu, lalu bagaimana perayaan Idul Adha di India?

Perayaan Idul Adha di India ternyata tak berbeda jauh dengan di negara lain. India memiliki istilah sendiri untuk menyebut hari raya Idul Adha yaitu Bakrid. Bakrid adalah hari libur resmi di India. Semua tempat kerja pemerintah lokal, negara bagian, dan nasional akan tutup pada hari festival tersebut. Tahun ini hari libur umum Bakrid di India berlangsung selama dua hari yaitu mulai 28 Juni hingga 29 Juni 2023.

Pada hari Bakrid umat muslim baik pria, wanita, dan anak-anak mengenakan pakaian baru dan berdandan untuk merayakan acara dengan penuh semangat. Mereka akan mengawali hari dengan berduyun-duyun pergi ke masjid atau tempat terbuka yang luas untuk sholat Idul Adha bersama. 

Selanjutnya, acara penyembelihan dilakukan dengan mengorbankan sapi, kambing, domba, kerbau, atau unta. Banyak keluarga Muslim yang membagikan daging dari hewan kurban kepada keluarga, tetangga, teman, serta orang miskin sehingga mereka dapat menikmati makanan berbahan dasar daging di hari raya ini.

Selain makanan utama, biasanya disajikan juga Sheer Khurma, makanan manis lezat yang terbuat dari susu, bihun, dan buah-buahan kering.